ANALISIS KINERJA PETUGAS REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI MEDAN

Diki Riyanto, Mappeaty Nyorong, Darwin Syamsul

Abstract


Rekam medis merupakan salah satu bagian penting dalam membantu pelaksanaan pemberian pelayanan kepada pasien di rumah sakit. Hal ini berkaitan dengan isi rekam medis yang mencerminkan segala informasi menyangkut pasien sebagai dasar dalam menentukan tindakan lebih lanjut dalam upaya pelayanan maupun tindakan medis lain Penelitian bertujuan Untuk mengetahui penyebab Kesalahan  pendistribusian  rekam  medis dan kinerja petugas rekam medis di Rumah Sakit Umum  Haji Medan .Penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Informan penelitian ini terdiri dari 8 informan , informan utama 6 orang dan informan Triangulasi 2 orang. Pengolahan dan analisis data menggunakan metode Content Analysis.Hasil Penelitian Adalah pada 5 faktor kinerja petugas yaitu kualitas kerja, kuantitas, supervisor , kehadiran dan  kemandirian di nilai cukup baik , mengingat keseluruhan informan selalu berkonsentrasi dalam bekerja, mengikuti SOP dalam bekerja serta selalu berinisiatif dalam melakukan pekerjaan Kesimpulan penelitian yaitu masih ada petugas rekam medis yang memiliki latar belakang pendidikan bukan rekam medis, dapat di simpulkan kinerja petugas medis di RSU Haji Medan sudah Baik , Saran Perlu adanya pengkajian kembali terkait SDM petugas rekam medis yang masih sangat sedikit berlatar belakang pendidikan rekan medis, di sarankan kepada pemimpin untuk selalu mengawasi anggota dalam bekerja

Keywords


Kata Kunci : Kualitas Kerja, Kuantitas, Supervisor, Kehadiran, Kemandirian

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Wahyuni. Pemeriksaan Fisioterapi. surakarta: Muhammadiyah University Press; 2017.

2020 U-UN 3 T. Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. 2020;

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/312/III/2020 Tentang Rekam medis. Jakarta; 2020.

Mahendra. Analisis pelaksanaan rekam medis pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah Dr. Rasidin, Padang. padang; 2018.

Erryandari CM SE. Evaluasi faktor organisasi dalam upaya peningkatan performa sistem informasi kesehatan: studi kasus mutu kelengkapan pangisian rekam medis pasien appendisitis akut di RS PKU Muhammadiyah Yogayakarta. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit. ;4(2):1–16. 2015;

Utami N. Analisis kinerja petugas rekam medis pada era jaminan kesehatan nasional (JKN) di RSUD Ungaran. Semarang; 2016.

Saputra B. Evaluasi kualitas penyelengaraan rekam medis di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh. Banjarmasin; 2016.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta; 2009.

Haryono S. Manajemen Kinerja SDM (Teori & Aplikasi). Jakarta: Penerbit Luxima Metro Media; 2018.

Parmen Silalahi. Analisis Kompetensi Petugas Rekam Medis dalam Pencapaian Kinerja Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan. Medan; 2017.

Slameto. Belajar dan faktor - faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta; 2015.

Novita Priyanti utami. analisis kinerja petugas rekan medis pada era jaminan kesehatan nasional (JKN) di RSUD Unggaran. Semarang; 2016.

Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik. Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2007.

Susanti T. Studi Tentang Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Persatuan Djamaah Haji Indonesia Yogyakarta. surakarta; 2013.

Suprihanto. Penelitian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta: BPFE; 2006.

Fitri Kurniawati. Gambaran Kinerja Petugas Rekam Medis Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Di Yogyakarta: Studi Kualitatif. Yogyakarta; 2017.

Nur Maimun. Analisis Faktor - faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas rekam dalam penyediaan berkas rekam medis rawat jalan di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Pekanbaru; 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2022.5(1).27-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats