Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Metode Role Playing pada Mata Kuliah Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit (MPKRS)

Sri Nawangwulan

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah Motivasi (metode ceramah, metode dengan tugas presentasi kelompok, perhatian mahasiswa pada keseluruhan jalannya perkuliahan) dan rata-rata hasil  belajar mahasiswa semester VI kelas A dan kelas B dalam Mata Kuliah MPKRS rendah rata-rata 54,2 dan 56,8. Tujuan dari penelitian ini antara lain mengidentifikasi motivasi hasil belajar, penilaian  dosen dan mahasiswa  sebagai observer saat pelaksanaan role playing; penilaian tentang keunggulan dan kelemahan role playing, tingkat pemahaman mahasiswa terhadap tupoksi kabid dan kasi di bidang yanmed dan keperawatan serta bidang jangmed; menyusun rekomendasi role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau class room action research (CAR) dengan rancangan penelitian praeksperimen yaitu dengan perlakuan Metode Role Playing menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan motivasi dalam role playing kelas A dan kelas B hasilnya meningkat, rata-rata hasil UAS untuk kelas A dan B  meningkat, penilaian observer terhadap penampilan role playing kelompok mata kuliah MPKRS semester VI kelas A dan kelas B rata-rata hasilnya tiap-tiap langkah belajar role playing  cukup dan baik. Keunggulan dan kelemahan metode belajar role playing untuk kelas A dan B adalah tidak sama namun saling melengkapi antara masing-masing butir pertanyaan pada keunggulan maupun kelemahan.

Kata Kunci: Role playing; Motivasi; Hasil Belajar; Role play; Motivation; Learning outcomes


Keywords


Role playing; Motivasi; Hasil Belajar; Motivation; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Arends R. Learning to Teach. Diterjemahkan oleh Helly Prayitno. 2007.

Nawangwulan. Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Semester 3 Program Studi RMIK melalui Metode Think-Pair-Share. Naskah Publ. 2014;

PRATIWI ME. Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 1 Kateguhan Sawit Boyolali. Naskah Publ. 2014;1–11.

Abdin MZM. Analisa Metode Discussion Dan Role Playing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Kinerja. Kreat J Ilm Prodi Manaj Univ Pamulang. 2018;6(3):85.

Marning, M. L. & Lucking R. The What, Why and How of Cooperative learning. Soc Stud. 1991;82.

Kristin F. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleks Edukatika J Ilm Kependidikan. 2018;8(2).

Joseph A.Devito. Human Communication (Alih Bahasa) Agus Maulana dkk, Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Book; 1997.

Arikunto S. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara; 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(1).12-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats