Implementasi Pendaftaran online Pasien Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul
Abstract
Pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan yang sangat sederhana dan cepat merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan kepada pasien yang akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Salah satu strategi rumah sakit dalam meningkatkan mutu pada era digital adalah dengan mengimplementasikan sistem pendaftaran online. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pendaftaran online pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit nur hidayah bantul tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method dengan desain penelitian sequential exploratory. Populasi penelitian ini adalah petugas pedaftaran dengan total sampel berjumlah 3 informan dan seluruh pasien yang mendaftar secara online di rumah sakit Nur Hidayah Bantul dengan total sampel 108 responden. Hasil penelitian mayoritas responden berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 67 (62%) responden. Sedangkan pada karakteristik usia menunjukkan bahwa sebagian besar berusia 26-45 tahun yaitu sebanyak 50 (46,3%) responden, dan mayoritas memiliki pendidikaan terakhir SMA/SMK yaitu sebanyak 53 (49,1%) responden. Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul telah mengimplementasikan pendaftaran online pasien rawat jalan sesuai dengan prosedur yang ada di standar operasional prosedur (SOP). Sebagian besar responden menilai implementasi pendaftaran online dengan kategori cukup puas sebanyak 50 (46,3%) responden, puas sebanyak 39 (36,1%) responden, dan kurang puas sebanyak 19 (17,6%) responden. Kesimpulan adanya pengaruh tidak signifikan antara implementasi pendaftaran online pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul tahun 2021 karena tidak diuji menggunakan uji statistik hanya berdasarkan analisis peneliti.
Kata kunci: Implementasi Pendaftaran Online;Kepuasan Pasien; Implementation of Online Registration; Patient Satisfaction
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit [Internet]. Jakarta: Depkes RI; 2009. Available from: http://dkk.balikpapan.go.id/assets/files/1.UU44-09-RS_.pdf
PerMenKes. Keselamatan Pasien Rumah Sakit [Internet]. 2011. Available from: http://www.hukor.depkes.go.id/up_prod_permenkes/PMK No. 1691 ttg Keselamatan Pasien Rumah Sakit.pdf.
Yankes D. Dashboard Rumah Sakit Terakeditasi. 2018; Available from: http://sirs.yankes.kemkes.go.id/fo/home/akreditasi
Herlambang S. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2016.
Zebua M. Pemasaran Produk Jasa Kesehatan. Deepublish; 2018.
Odelia EM. Pengembangan Kapasitas Organisasi Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. J Kebijak Dan Manaj Publik. 2018;6(1):1–8.
Martiana E. Evaluasi SIMRS Bagian Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan di RSUD DR. Tjitrowardojo Purworejo. Prosiding" Standar Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 Terkait Rekam Medis. Yogyakarta. 2020;
Hersyah MH, Anedya RP. Sistem Reservasi Jadwal Jasa Medis Fasilitas Kesehatan Kelas Satu Menggunakan QR Code Berbasis Android. CHIPSET. 2020;1(01):1–4.
Creswell JW. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. pustaka pelajar. Yogyakarta; 2010.
Sholikah S. Konsep Relasi Gender Sachiko Murata Dalam The Tao Of Islam. Al Hikmah. J Stud Keislam. 2018;8(1):79–98.
Saputra MG, Yuniar I. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Online Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. J Heal Care. 2020;1(1).
Hajriani H. Hubungan Komunikasi Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien yang Dirawat di Ruang Perawatan Bedah RSUD Haji Makassar (Saenab Dasong dan Nur Hidayah). (Doctoral Diss Univ Islam Negeri Alauddin Makassar). 2013;
Wahyuni NS. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sumber Rejo Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur tahun 2012. Depok Univ Indones. 2012;
Oroh ME, Rompas S, Pondaag L. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di ruang interna RSUD Noongan. J Keperawatan. 2014;2(2).
Notoatmodjo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2007.
Madunde K, Pelealu F, Kawatu P. Faktor Faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di puskesmas kema kecamatan kema kabupaten Minahasa Utara. Adm Kebijak Kesehat. 2019;1(1).
Sailendra A. Langkah- Langkah Praktis Membuat SOP. Yogyakarta: trans idea publishing; 2015.
Indonesia K. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 2015 [cited 2017 Aug 23]; Available from: http://dkk.balikpapan.go.id/assets/files/1.UU44-09-RS_.pdf
Rilotomo, Y P. Pelaksanaan Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Prambanan. N Engl J Med. 2018;372(2):2499–508.
Saputri TR. Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas. (Doctoral Diss Univ Negeri Semarang). 2015;
Septian E. Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan. 2021;5(1):53–64.
Afdoli AA, Malau H. Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Online Rawat Jalan Di Rsup M Djamil Kota Padang. J Multidiscip Res Dev. 2018;1(1):1–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(2).43-51
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668
Indonesian Journal of Hospital Administration indexed by:
Alma Ata University
Jl Brawijay a no. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.