Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Bimbinan Teknis pada MI Binaan Kabupaten Sleman

Mas'udah Mas'udah, Mufida Awalia Putri

Abstract


Beberapa guru madrasah belum dapat membuat RPP dengan benar sesuai dengan Standar Proses. Penerapan pendampingan penyusunan instrument pembelajaran diharapkan dapat membantu guru dan kepala sekolah dalam menyelesaikan masalahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan prosedur bimbingan teknis kepada guru dalam penyusunan RPP dan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan perencanaan pembelajaran (RPP) setelah mengikuti bimbingan teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan Model Kurt Lewin, yakni penelitian yang dilakukan pengawas/supervisor dalam sekolah sendiri guna memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru kelas MI wilayah Sleman Timur yaitu MI Al Huda, MI Darul Huda, dan MI Sultan Agung tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar validasi dan Lembar pengamatan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian sebagaimana telah diuraikan, maka target yang telah ditetapkan dalam penelitian ini tercapai, yaitu ≥ 80% guru telah mencapai kompetensinya dalam menyusun RPP. Siklus 2 jumlah yang mendapatkan nilai gain dengan kategori tinggi sebanyak 100%. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Pembinaan teknis dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP telah terbukti secara ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Indonesia R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 2003.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Nomor 32 Tahun 2004 2004.

Putri MA, Apriani A, Sari IP. Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang LVEP Sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kawasan Wisata Banjaran. 2022;4(2):48–54.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010. Nomor 21 Tahun 2010 2010.

Apriani, A. N., Sari, I. P., & Suwandi IK. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Taman Cendekia J Pendidik Ke-SD-an. 2017;1(2):102–12.

Apriani A. Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) [Internet]. 2019;10(2):116–28. Available from: doi:http://dx.doi.org/10.21927/literasi

Jejen Musfah. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana; 2015.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka kreditnya. Nomor 16 tahun 2009 2009.

Indonesia R. Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Indonesia; 2016.

Syaiful Sagala. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta; 2013.

Ahmad Khoiri. Urgensi Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Al-Qalam. 2016;16(5):2016.

Romlah. Manajemen Pendidikan Islam. 2016.

Saur Tampubolon. Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga; 2014.

Sugiyono. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. In: Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta; 2017.

Ardiyana Pratono, Sri Susilogati Sumarti NW. Contribution of Assisted Inquiry Model of E-Module to Students Science Process Skill. J Innov Sci Educ [Internet]. 2018;7(1):62–4. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/20633/10988

Apriani A, Gutama DH, Nurvirgniawati A, Septiyani I. Pendampingan Guru dalam Penyusunan SSP Tematik Berbasis Living Values Education Program di SDN Demakijo 1. Pros Semin Nas Has Pengabdi Kpd Masy Tahun 2021 Lemb Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdi Kpd Masy. 2021;42–50.

Apriani, A.-N., & Wangid MN. Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. J Prima Edukasia. 2015;3(1).

Ariyani YD, Wangid MN. Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab. J Pendidik Karakter. 2016;7(1):116–29.

Putri MA, Prodjosantoso AK. Improving critical thinking skills and scientific attitudes by using comic. Psychol Eval Technol Educ Res. 2020;

Putri MA. DEVELOPE THE CREATIVE THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS USING THE INQUIRY MODEL FOR NATURAL SCIENCES SUBJECT. JMIE (Journal Madrasah Ibtidaiyah Educ [Internet]. 2018 Nov 30;2(2):232. Available from: http://dx.doi.org/ 10.32934/jmie.v2i2.79




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(2).107-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat