Implementasi Pendidikan Multikultural di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta

Nur Relawati Sarif, Yusinta Dwi Ariyani, Andi Wahyudi

Abstract


Pendidikan multikultural memiliki peranan penting dalam masyarakat yang semakin heterogen dan global saat ini untuk memberikan pembekalan pada aspek keberagaman, pembentukan identitas diri, keterampilan antar budaya, dan mencegah diskriminasi atau konflik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat proses implementasi pendidikan multikulural di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Ngupasan. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.  Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan pengembangan diri. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan dalam kegiatan pengembangan diri meliputi kegiatan bimbingan konseling, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan rutin serta pembiasaan terprogram. Faktor yang mendukung implementasi pendidikan multikultural di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta yaitu lingkungan sekolah, kurikulum sekolah, sarana prasarana sekolah, kegiatan sekolah, dan kerjasama semua komponen sekolah. Sedangkan, faktor yang menghambat berupa pola asuh orangtua, kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru, dan kurangnya poster-poster atau tulisan-tulisan tentang keragaman dan nilai-nilai multikultural di sekolah.

 

Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin AH Al. Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elem J Ilm Pendidik Dasar. 2012;3(1):1.

Banks, J.A., McGee, C.A. Multicultural education. USA: Allyn &Bacon; 1993.

Awaru AOT. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Pros Semin Nas Himpun Sarj Ilmu-ilmu Sos. 2017;2:221–30.

Rochmaniyah S. Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Inklusi SMP Tumbuh Yogyakarta. Skripsi. 2014;

Palipung N. Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Inklusi Sd Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. J Kebijak Publik. 2016;V:558–66.

Zamroni. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama; 2011.

Yulianti, Dewi. Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. J Pendidikan Guru Sekolah dasar. 2021; 2 (1): 60-70

Banks, J.A. Multicultural Education. USA: Allyn & Bacon; 2004

Soyomukti N. Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media; 2013.

Setyowati, S., Ariyani, Y.D., Rusiyono, R. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Nasionalisme Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Trucuk, Bantul. J Elementary School. 2019; 36 (12): 57-74.

Al-Makassary R, Suparto. Cerita Sukses Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jakarta: CSRC UIN Jakarta; 2010.

Apriani A-N, Ariyani YD. Implementasi Pendidikan Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Living Values. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). 2017;8(1):59.

Sanjaya W. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup; 2013.

Mahfud C. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2011.

Sudaryono. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012.

Januarti A, Zakso A. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Teluk Keramat ). 2017;1–7.

Suniti. Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural. J Edueksos. 2014;III(2):127–44.

Soewarno, Hasmiana, Faiza. Kendala-Kendala yang dihadapi Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer di SD Negeri 10 Banda Aceh. J Ilm Mhs Prodi PGSD FKIP Unsyiah. 2016;1(1):21–30.

Adawiah R. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. J Pendidik Kewarganegaraan. 2017;7(1):33–48.

Aufa R, Nahar S. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Smp Swasta Rakyat Sei Glugur Kecamatan Pancur Batu. 2019;258–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(2).54-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat