Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Islamic Home Schooling)

Kana Safrina Rouzi, Ni’mah Afifah, Linda Yarni, Remita Widiyanti

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor tumbuh kembang anak yang diintegrasikan dengan pendidikan Islam melalui penerapan ayat-ayat Al-Qur'an yang berisi tentang didikan para Nabi. Metode penelitian ini menggunakan studi teks. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis dengan pola idealis dalam mereduksi ayat-ayat Al-Qur'an dan literatur lainnya untuk mencari solusi permasalahan penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan Islam dalam keluarga menghasilkan anak yang berjiwa Islami dan berkemampuan sosial yang dilakukan dengan cara: (1) memberi contoh yang baik kepada anak dengan cara menunjukkan dan memberi contoh berbuat baik, mengucapkan kata-kata yang baik. , memberikan kehangatan dan kepedulian serta mendorong kebebasan anak dalam batas yang wajar, (2) memberikan nasehat yang baik kepada anak, dengan melibatkan anak dalam diskusi tentang kejadian terkini kemudian menyisipkan nasehat berupa larangan melakukan segala perbuatan yang dilarang oleh agama, dan (3) memberikan pembiasaan hal-hal positif secara konsisten dengan menerapkan kebiasaan dalam ibadah dan perbuatan yang mengandung nilai-nilai Islam (akhlak karimah).

 

Kata Kunci: Islamic Home Schooling, Psikologi Perkembangan, Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


Rouzi KS. Integratif Parenting. In: Wahyudi Setiawan dkk, editor. Psikologi Islam: Catatan Multidisiplin [Internet]. Ponorogo: WADE Group; 2021. p. 122. Available from: http://eprints.umpo.ac.id/6649/

Taubah M. PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM. J Pendidik Agama Islam (Journal Islam Educ Stud. 2016;

Widigdo MSA. Suhrawardi’s Ontology : From “Essence-Existence” To “Light” (A Suhrawardian Reply to Sadrian Critiques). Kanz Philos A J Islam Philos Mysticism. 2014;

M. Suud F, Gaffar A, Rouzi KS, Chaer MT. The Role of Islamic Counselling in Pandemic COVID 19: A Conceptual Study for Developing Positive Emotion of Parents and Children. KONSELING Reli J Bimbing Konseling Islam. 2020;

Muhadjir N. Metodologi Penelitian. Rake Sarasin. 2011.

Abd Mujib M. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya; 1993.

Abuddin Nata. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia; 2016.

Kaṡīr I. Tafsir Ibnu Katsir. 2013.

David G. Myers. Psikologi Sosial. terj. Aliya Tusyani dkk., editor. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika; 2012.

Rouzi, K. S., Chirzin, M., Anis, M., & Azhar M. Synergizing Parenting Style Between Sacred Text And Baumrind’s Context. Int J Sci Technol Res. 2020;9(2):1421.

Juwairiyah. Dasar-dasar Pendidikan Anak Dalam Al-Quran. Yogyakarta: Teras; 2010.

Ghazali. Ihya Ulumuddin, juz III. Beirut: Muassasah al-Hilby; 1967.

Soffie Baiqies. Psikologi Positif dalam Parenting Islami. In: Sinergitas Keberagaman Bangsa: Persfektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Konsorsium Keilmuan Psikologi PTKI UIN Sunan Kalijaga; 2015.

Ulwan AN. Child Educatio in Islam. Dar Al- Salam. 2004.

John W. Psychology for the classroom: Constructivism and social learning. Psychology for the Classroom: Constructivism and Social Learning. 2013.

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2005.

Slavin. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Indeks; 2017.

Perbowosari H. Parenting Models In Building The Religious Characters Of Children. Vidyottama Sanatana Int J Hindu Sci Relig Stud. 2018;2(1).

Diana RR, Chirzin M, Bashori K, Suud FM, Khairunnisa NZ. Parental engagement on children character education: The influences of positive parenting and agreeableness mediated by religiosity. Cakrawala Pendidik. 2021;40(2).

John W. Santrock. LIFE-SPAN Development (13th ed.). McGraw-Hill. 2017.

Baumrind D. Developmental Psychology Monograph Current Patterns of Parental Authority 1. Dev Psychol. 1971;

Hurlock E. Development psychology. Handbook of research methods for studying daily life. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).32-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat