Implementasi Pendidikan Pancasila di SDNegeri Bakulan

Isti Septiani, An-Nisa Apriani, Lathifatul Izzah

Abstract


Implementasi pendidikan nilai Pancasila di sekolah dasar sangat penting dilakukan. Hal ini mengingat bahwa karakter yang dimiliki setiap individu berbeda-beda, perbedaan karakter dapat menimbulkan perselisihan, perpecahan, serta memicu perilaku menyimpang. Mengatasi penyimpangan karakter dapat dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami implementasi pendidikan nilai Pancasila, nilai-nilai Pancasila, serta karakter siswa di SD Negeri Bakulan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi pendidikan nilai Pancasila di SD Negeri Bakulan menunjukkan bahwa, pendidikan nilai Pancasila diimplementasikan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pendidikan nilai Pancasila menyusun perencanaan. Pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan diluar pembelajaran, pembiasaan, dan kedisiplinan. Evaluasi dilakukan melalui evaluasi siswa yang mencakup evaluasi pembelajaran dan pengamatan sikap sedangkan evaluasi tenaga pendidik dilakukan dengan pemantauan serta pemberian tugas. Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan di SD Negeri Bakulan meliputi nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Nilai-nilai Pancasila ditunjukkan dengan sikap dan perilaku siswa sesuai dengan indikator nilai-nilai Pancasila. Penerapan nilai-nilai Pancasila di SD Negeri Bakulan membentuk siswa kelas V (lima) memiliki nilai karakter religius, toleransi, tanggung jawab, nasionalis, gotong royong, peduli sosial dan menghargai prestasi. Hasil penelitian dapat memberikan implikasi bagi guru dan kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan pancasila baik di dalam pembelajaran maupun luar pembelajaran lebih baik lagi sehingga hasil yang dicapai lebih optimal. Hasil penelitian juga dapat dijadikan rekomendasi bagi pemerintah untuk melakukan pengawasan dan pendampingan bagi praktisi pendidikan dalam mengimplementasikan pendidikan pancasila baik di dalam pembelajaran maupun luar pembelajaran yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi agar tujuan pendidikan pancasila tercapai sesuai harapan.

Kata kunci: Pendidikan Pancasila, Nilai Karakter

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Sleman: Deepublish.

Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Alwi, M. (2017). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pengembangan Kurikulum PAI Di SMP Negeri 9 Yogyakarta.

Andhary, M. C. (2020). Upaya Sekolah Mengatasi Bullying Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SDN 61 Bengkulu Tengah.

http://repository.iainbengkulu.ac.id/4371/1/SKRIPSI MERRIEN CLAUDIA ANDHARY.pdf.

Andina, E. (2014). Budaya Kekerasan Antar Anak DI Sekolah Dasar. VI(09), 11. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-VI-9-I-P3DI-Mei-2014-63.pdf

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.); 1st ed.). Jawa Barat: CV Jejak.

Ansori, Y. Z. (2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 126–135. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/viewFile/2121/1840

Apriani, A.-N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik. 01(02), 2. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/1947/1129

Apriani, A. N. (2019). Living Values Education Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik (1st ed.). Yogyakarta: K-Media.

Apriani, A. N., & Ariyani, Y. D. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Living Values. VIII(1), 64. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/461

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. 4, 440–450.

http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1076/940

Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi. 2(1).

http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/307/336

Asmiyati. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya di Madrasah Ibtidaiyah Ma ’ arif Giriliyo I Wukirsari Imogiri Bantul. 3, 41–54.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. 10, 56–57.

Buaja, T., Abdullah, T., & Sihombing, N. A. (2019). Persepsi Guru Tentang Pemberian Hukuman di SD Negeri 32 Kota Ternate. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

http://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dodoto/article/view/394/267

Budiman, R. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Keagamaan Kedalam Program Pendidikan Karakter Pancasila Bagi Mahasiswa Universitas Tanjungpura. 71.

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Kamus Bahasa Indonesia (1st ed.). Jakarta: Pusat Bahasa.

Dewi, M. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. VII(1), 1–11. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7369/3615

Djam’an, & Aan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, Eksistensinya Bagi Mahasiswa. 7(1), 92. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jch/article/view/1784/1148

Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal ( Maja Labo Dahu ) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. 9(1), 17. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpi/article/download/169/141/

Ilmi, M. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Profetik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS Di SMP Brawijaya Smart School. 64.

Indawati, I. (2016). Upaya Guru Kelas Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Islam Lukman Hakim Pakisaji Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/4142/

Irhandayaningsih, A., Winarni, S., & Adhy, S. (2020). Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat Dalam Pendidikan Karakter dan Internalisasi Nilai Pancasila di Era Pembelajaran Daring. 594–598.

Istiqomah, H., & Suyadi. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). 11(2), 155–168.

https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1900/998

Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kemendikbud. (2016). Konsep Dan Panduan Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Khaulani, F., S, N., & Murni, I. (2019). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. VII(1), 51–59.

http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/download/7372/3616

Khoiriah, I., Nabilah, I., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Nilai Agama-Moral Siswa Usia Dasar ( Tercapai ) Studi K asus di MI Ma ’ arif Bego. 8(2), 1–14.

https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/1318/847

Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas Probolinggo. 6(1), 84–100. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3818/2763

Kumalasari, I., Nasution, L., & Wijaya, C. (2019). Integrasi pendidikan nilai dalam membangun karakter siswa di sekolah dasar jampalan kecamatan simpang empat kabupaten asahan provinsi sumatera utara. 4(1), 10. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/705/537

Maragustam. (2016). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentuntukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Mardawani, & Veronika, L. (2019). Implementasi Nilai Luhur Pancasila Melalui Kegiatan Bakti Mahasiswa Untuk Memperkuat Komitmen Kebangsaan Pada Generasi Milenial. 4(2), 134–148.

http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/553/504

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. 12(33), 147.

Metcalfe, J., & Moulin-Stożek, D. (2020). Religious education teachers’ perspectives on character education. British Journal of Religious Education. 1–12.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. 1, 253–263. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/144/126

Misnaini, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Perilaku Mahasiswa di STIK Bina Husada. 5(2), 75–84. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1021/611

Murti, T. (2018). Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual Serta Implikasinya Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. 8293, 21–28. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/2871/1730

Mustari, M. (2017). Nilai Karakter: Refleksi Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Nawawi, A. (2011). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Motal. 16, 123. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1582

Nugraha, S. A. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Volume 8, 86–105. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/munawwarah/article/download/3293/2420

Nurhadi. (2020). Transformasi Teori Kognitivisme Dalam Belajar Dan Pembelajaran. 2(April), 16–34.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/540/460

Nurjanah, S. (2017). Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila di Kalangan Pelajar Pendahuluan. Jurnal Studi Agama, 5, 2–14.

Nursalam, Nawir, M., Suardi, & K, H. (2020). Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar (A. Fakarinsi (ed.)). Banten: CV AA Rizky.

Nurudin, R. K. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila Dalam Kurikulum 2013 Di SDIT Tunas Mulia Wonosari Gunungkidul Perspektif Pendidikan Agama Islam.

Octavia, D., Puspita, M., & Yan, L. S. (2020). Fenomena Perilaku Bullying Pada Anak di Tingkat Sekolah Dasar. 9(1), 43–50. www.stikes-hi.ac.id

Putry, R. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. 4(1), 39–54.

http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/download/4480/2942

Rohani, E. (2019). PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.pdf (p. 116). Wonosobo: Gema Media.

Safira, F. (2018). Strategi Guru Dalam Mengatasi Bullying Di MIN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. https://vdocuments.net/strategi-guru-dalam-mengatasi-bullying-di-min-1-safira-151149145pdf-motto-.html

Sari, I. P., Suwandi, I. K., & Setyowati, S. (2018). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas III SD Pujokusuman Yogyakarta. 02(02), 231–238.

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/3078/1928

Sasmito, Y. A. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Di SDN 03 Ngemplak.

Sit, M. (2012). Perkembangan peserta didik. Medan: Perdana Publishing.

Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembangan Anak (I). Jakarta: Prenada Media Group.

Sofiyanti, F. (2020). Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelompok Bermain (KB) Mawar Desa Sumberkolak Situbondo Tahun 2020. 8(1), 238.

Sondak, S. H., Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. 7(1), 676.

Subhi, M. B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII D di SMPN 1 Purwosari. 48.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardiyanto, A. (2018). Pendidikan Pancasila dan Kewaarganegaraan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Sulaiman, A. (2015). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Badung: CV Arfino Raya.

Sumarto. (2011). Pancasila Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Proses Pendidikan Keislaman.

Suprianto, B. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Isu Sara Di Desa Kapota Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. 41.

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. 3. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/880/692

Umihani’, S. (2019). Penanaman Karakter Anak Pesisir Dalam Menjaga Nilai-nila Pancasila Di MI Al Hidayah Mangunharjo Tugu Semarang. 17–28.

Veliana, A. (2011). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Semarang. 40.

Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN 1 Sekarsuli.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar.

Yani, A. A. (2013). Pengaruh Hukuman Terhadap Tingkah Laku Siswa. 25. https://123dok.com/document/dy4xegvz-pengaruh-hukuman-terhadap-tingkah-laku-siswa.html

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai (B. A. Saebani (ed.); 1st ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat