Pengaruh Program Kampung UKM Digital terhadap Omzet Penjualan (Studi Kasus UKM Batik Kayu Krebet, Pajangan, Bantul)

Ahmad Yunadi, Wiwik Ardiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan omzet penjualan sebelum dan sesudah menggunakan program kampung UKM digital pada Sanggar Batik Kayu Krebet Sendangsari Pajangan Bantul yang mendapatkan program kampung UKM digital dari Pemerintah Daerah Bantul. Sanggar Batik Kayu di dusun Krebet yang mendapatkan program kampung UKM digital sebanyak 5 sanggar. Omzet penjualan yang dipakai adalah omzet yang didapatkan melalui pemasaran konvensional dan online melalui; Facebook, Instagram, Website, Blanja.com, dan Qlapa.

Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan data campuran. Data diperoleh dari 5 Sanggar Batik Kayu Krebet yang mendapatkan hibah program kampung UKM digital. Metode analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t test dan uji wilxocon signed rank test.

Hasil penelitian yang di dapat dengan menggunakan uji paired sample t test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara omzet penjualan sebelum dan sesudah menggunakan fasilitas program kampung UKM digital dengan uji paired sample t test, adapun hasil uji taraf sig-2 tailed 0,36. Sedangkan hasil uji dengan wilxocon signed rank test mempunyai taraf nilai Z sebesar -2,023, dengan signifikansi 2- tailed sebesar 0,043. Artinya nilai signifikansi 0,043 < 0,05, maka Hο ditolak atau ada perbedaan omzet penjualan sebelum dan sesudah menggunakan fasilitas program kampung UKM digital.

 


Full Text:

PDF

References


JURNAL;

Aryanto, Arip dan Tri Irianto. 2012, “Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta”: Journal Speed-Sentra Engineering dan edukasi, Vol. 4 No 4.

Budi Cahyono, Darmawan. 2013, “Pengguna Facebook Sebagai Media Pemasaran Online” : Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Vol 2, No. 2

Deliusno, 2015. “Qlapa.Com, “Rumah” Bagi Produk Kerajinan Tangan Loka. Yogyakarta: Kompas.Com, (25 November 2015, 15:09)

Eunike dkk. 2014, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook”: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 10, No. 1

Haryanti, Sri dan Tri Irianto. 2011, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus”: Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 3 No 1.

Muttaqin, Zainal. 2011, “Facebook Marketing Dalam Komunikasi Pemasaran Modern”: Jurnal Teknologi, Vol 1.

Setiawati, Ira dan Agus Alwi Mashuri. 2014, “Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online”: Himsyatech -Jurnal Teknologi Informasi, Vol 10, No.2

SL. Trianingsih. 2011, “Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat “: Jurnal ekonomi Dan Kewirausahaan Vol 11, No 2.

Supriadi, Endang. 2015, “Konstruksi Pembentukan Identitas Kampung Digital Samirono”: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, Volume 9, No.2.

Utantoro, Agus. 2016. Bantul Luncurkan Kampung UKM Digital. Yogyakarta: Media Indonesia, ( Rabu, 30 November 2016 ).

Febriarni, Uli. 2017. UKM Bantul Juga Dilengkapi Ketrampilan Digital.Yogyakarta: Harian jogja, ( 28 Januari 2017).

BUKU;

Al Qur’an dan Terjemahnya. 2007, Departemen Agama RI, Jakarta: Bumi Restu.

Algifari. 2010, Statistika Deskriptif Plus untuk Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Chaniago, A Arifinal. 1998, Ekonomi 2, Bandung: Angkasa.

Creswell John W. 2010, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Jeff Madura. 2007, Introduction to Bisnis, Pengantar Bisnis, Jakarta: Edisi 4, Salemba Empat.

Kotler dan Keller. 2007, Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jilid 1, Jakarta: PT. Indeks.

Lasmadiarta Made. 2010, Faceebook Marketing Revolution, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Levinson Jae Conrad dan Al Launtenslager. 2005, Guerrila Marketing in 30 Days, Yogyakarta: Andi.

Moleong Lexy J. 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2007, Customer Behaviour: Conceps and Applications, New York: McGraw-Hill,Inc.

Sugiono. 2005, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

. 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta,

. 2010, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

. 2013, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

. 2014, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2005, Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, Yogyakarta.UII Press.

Swastha, Basu . 1993, Manajemen Penjualan, Jakarta: BPFE-UGM.

Swastha Basu dan Irawan. 1990, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.

Tika Moh Pabundu. 2006, Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

UmarHusein. 2000, Riset Pemasaran Dan Pelaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Uyung Sulaksana. 2003, Integrated Marketing Communications, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winardi. 1991, Pengantar Manajemen Penjualan, Bandung: Citra Adya Bahkti.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2018.8(1).50-58

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

    

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.