Pengaruh Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Harga Jual dan Tingkat Pendapatan Terhadap Daya Beli Masyarakat di Yogyakarta

Silfester Odi, Martinus Budiantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN), harga jual, dan tingkat pendapatan terhadap daya beli masyarakat di Yogyakarta, dengan fokus khusus di wilayah Caturtunggal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan masyarakat Yogyakarta berdomisili di wilayah Caturtunggal. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat di daerah tersebut, dan sampel diambil menggunakan metode stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan tarif PPN memiliki pengaruh positif terhadap daya beli masyarakat, sementara harga jual tidak berpengaruh terhadap daya beli. Di sisi lain, tingkat pendapatan menunjukkan pengaruh positif terhadap daya beli. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi daya beli masyarakat di wilayah tersebut, sehingga dapat menjadi masukan bagi para pembuat kebijakan dalam menyusun strategi ekonomi yang lebih efektif.

Keywords


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN), harga jual, dan tingkat pendapatan terhadap daya beli masyarakat di Yogyakarta, dengan fokus khusus di wilayah Caturtunggal. Penelitian ini menggunakan meto

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. Z., & Hartono, D. (2022). Dampak Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Badan Dan Pajak Pertambahan Nilai Di Indonesia. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(4), 456–475. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i4.5359

Atmaja, R., & Maryani, M. (2021). Analisa Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen terhadap Penjualan Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 88–109.

Budiantara, M., Utomo, R. B., & Manalu, R. H. (2021). Agresivitas Pajak Dari Prespektif Corporate Social Responsibility Dan Corporate Governance. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 6(2), 1755–1766. https://doi.org/10.33197/jabe.vol6.iss2.2020.624

Desy Farina, Revi Candra, Y. I. (2021). 3271-12363-1-Pb. Jurnal Al-Ittifaq, 1, 84–96.

Djufri, D. (2022). Dampak Pengenaan Ppn 11% Terhadap Pelaku Dunia Usaha Sesuai Uu No.7 Thn 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan Di Indonesia. Journal of Social Research, 1(5), 391–404. https://doi.org/10.55324/josr.v1i5.106

Dumadi, D., Riono, S. B., & Mulyamin, M. (2021). Pengaruh Harga Jual dan Merek Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Konter Andika Cell Losari). Journal of Economic and Management (JECMA), 3(2), 45–56. https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1.620

Faizah, S., & Ajimat, A. (2022). Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif terhadap Daya Beli Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 19(02), 15–24. https://doi.org/10.36406/jam.v19i02.653

Feb, F., & Dunci, K. (2023). Pengaruh Tarif Ppn 11% Dan Tingkat Pendapatan Selama Pandemi Terhadap Daya Beli Masyarakat. Ekonomi & Bisnis, 22(1), 8–16. https://doi.org/10.32722/eb.v22i1.5761

Febrisha. (2022). Pengaruh Tarif Ppn 11% Dan Tingkat Pendapatan Selama Pandemi Terhadap Daya Beli Masyarakat (Studi Kasus Konsumen Indomaret di Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor).

Hasibullah, N. A., Mursalim, M., & Su’un, M. (2020). Analisis Pengaruh PPn, PPnBM, dan PKB dengan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Makassar. Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 86–101. https://doi.org/10.52103/jaf.v1i1.119

Indirayuti, A. (2019). Pengaruh PPN dan PKB Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Kendaraan Roda Empat di Yogyakarta). Jurnal Akunatnsi Pajak Dewantara, 1(1), 13–22.

Kirana, G. C., & Widodo, U. P. W. (2023). Implementasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) PT. ABC Sebelum dan Setelah Diterapkannya Undang-Undang Harmonisasi Perpajakan Nomor 7 Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 3(2), 53–58. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v3i2.20306

Larasati, R., & Wibowo, D. (2022). Implementasi Kenaikan Tarif Ppn Pasca Uu No 7 Tahun 2021 Pada Pengusaha Kena Pajak Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(12), 1–9.

Lestari, A. J., Nuridah, S., & Littu, H. (2023). Pengaruh Kenaikan Tarif PPN11% Terhadap Daya Beli Konsumen Apotek di Kabupaten Bekasi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 7757–7768.

Natalia, N., & Fajriana, I. (2023). Analisis Pengaruh Kenaikan Tarif PPN 11% di Sektor Perdagangan. MDP Student Conference, 2(2), 235–242. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4269

Online Pajak. (2016). Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Online-Pajak.Com, 05(42), 1.

Putri, V. G., & Subandoro, A. (2022). Analisis Pengaruh Kenaikan Tarif Ppn 11% Terhadap Penjualan Pada Pt X. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1), 54–58. https://doi.org/10.46306/rev.v3i1.95

Yuniartika, M. D. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

    

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.