Analisis Pemasaran Produk KPR Syariah Upaya Meningkatkan Kuantitas Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah KCP Medan Sukaramai

Elvy Zahara Gultom, Fauzi Arif Lubis

Abstract


Dalam dunia modern sekarang ini, peranan perbankan dalam memajukan perekonomian suatu negara sangatlah besar. Hampir semua sektor yang berhubungan dengan berbagai kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa bank. Oleh karena itu, saat ini dan dimasa yang akan datang masyarakat tidak akan lepas dari dunia perbankan. Jika hendak menjalankan aktivitas keuangan, baik perorangan maupun lembaga, baik sosial atau perusahaan. Di samping itu peranan perbankan sangat memengaruhi kegiatan ekonomi suatu negara. Bank dapat dikatakan sebagai darahnya perekonomian suatu negara. Karena kemajuan suatu bank disuatu negara dapat pula dijadikan ukuran kemajuan negara yang bersangkutan. Semakin maju suatu negara, maka semakin besar peranan perbankan dalam mengendalikan negara tersebut. Artinya keberadaan dunia perbankan semakin dibutuhkan pemerintah dan masyarakat secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemasaran produk KPR syariah dalam meningkatkan kuantitas nasabah pembiayaan murabahah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan pegawai Bank Syariah Indonesia KCP Medan Sukaramai. Berdasarkan hasil wawancara, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemasaran produk KPR syariah di BSI KCP Medan Sukaramai dilakukan menggunakan metode marketing mix yang mencakup product, price, place, dan promotion (4P). Produk yang dipasarkan adalah produk KPR syariah dengan akad murabahah dengan dengan ketentuan biaya administrasi sebesar 1% dari pembiayaan, premi asuransi jiwa dan asuransi kebakaran secara syariah yang kompetitif. Sebelum melakukan pemasaran produk maka terlebih dahulu menentukan lokasinya dan promosi yang dilakukan adalah dengan membuat brosur, phamplet dan menjadi sponsor di beberapa acara.


Keywords


Pemasaran, KPR Syariah, Pembiayan Murabahah

Full Text:

PDF

References


Amalna, F., & Ardyansyah, F. (2023). Implementation of the MSME Micro Financing Strategy Through a Murabahah Agreement at BSI KCP Bangkalan Trunojoyo. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XIII(1). https://doi.org/DOI : 10.21927/110.21927/jesi.2023.13(1)

Arwanto, A. D., Arianti, F., Putri Z, W. A., Yani, S. F., Leli, M., & Rizal, D. (2023). Solving Problematic Financing Through the Execution of Murabaha Contracts: A Case Study of Agam Madani BMT. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 13(1), 124. https://doi.org/10.21927/jesi.2023.13(1).124-133

Amanti. (2017). Mekanisme Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR iB) di BRI Syariah KCP Metro [Perbankan Syariah. IAIN, Metro. .]. In Jurnal Perbankan Syariah. https://doi.org/https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1980

Antonio, M. S. (2020). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Gema Insani.

Aqwa Naser Daulay dan M.Lathief Ilhamy Nasution. (2016). Manajemen Perbankan Syariah. FEBI UIN-SU Press.

Arif, M. D. (2019). Marketing Skill. FEBI UIN-SU Press.

Arisa, A. (2020). Konsep Al-Baaqiyaat As-Sholihat dalam Murabahah: Penentuan Margin aerta Penggunaan Metode Perhitungan Anuitas dan Flat. Jurnal Khazanah Pendidikan Islam, 3(1), 12.

Dea Lora Veni, Fauzi Arif Lubis, A. N. D. (2021). Economic Empowerment of Women Costumers Through the Future Package Program (PMD) At BTPN Syariah MMS, Tanjung Balai Selatan District. Journal of Management and Business Innovations, 2(1), 11.

Dendawijaya, L. (2018). Manajemen Perbankan, Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.

Devi Pratama, S. A. S. (2019). Analisis Penentuan Margin Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT Madani Sepanjang. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 2(3), 12.

Humaira, H. (2020). Mekanisme Konversi Tabungan Menjadi Akad Tabungan Mudharabah Pada Bank Aceh Syariah. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 3(3), 527-537.

Heru Kurniawan, & Abdul Aziz. (2023). Ab-Chicken Sharia Partnership Business Strategy : In the Face of a Global Economic Recession. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 13(1), 24–35.

M. Agus Izzi Faizin. (2017). Analisis Penetapan Margin Flat Pada Akad Murabahah Di Dalam Produk Kpr (Studi Kasus Bank Bni Syariah Pusat Kuningan). Institut PTIQ Jakarta.

Mulyaelmi, S. (2019). Strategi Bank BTN Syariah Dalam Menangani Nasabah KPR Kolektif. UIN Sumatera Utara.

Nurhalisa, S., & Nawawi, Z. M. (2023). Analysis of Ecobrick Economic Potential in Improving Community Economic Welfare : Case Study of Bukit Lawang Plantation , Kab . Langkat. XI(1).

Philip Kotler dan Gary Armstrong. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Airlangga.

Sudiarti, S. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. FEBI UIN-SU Press.

Tarigan, A. A. (2019). Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi. FEBI UIN-SU Press.

Widayanti. (2022). Pengawasan dan Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah pada Bank Syariah. Journal Islamic Banking, 2(1), 11.

Yenni Samri Nasution, M. (2022). Pengaruh Nilai-Nilai Islam, Upah, Pengembangan Karir, Dan Motivasi, Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah2, 3(1), 11.

Zainuddin, H., Iqbal, M., & Angraeni, D. (2020). Strategi Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah Di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Kolaka. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah, 3(1), 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2024.14%20(1).151-163

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.