Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Laba Usaha Dagang Pada Pedagang Sembako Muslim (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Bantul)

Abdul Salam, Wiwin Novita

Abstract


Wiwin Novita: Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Laba Usaha   Dagang   pada   Pedagang   Sembako   Muslim   (Studi   Kasus   di   Pasar Tradisional  Bantul).  Skripsi.  Yogyakarta:  Program  Studi  Ekonomi  Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Agama Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dan  signifikan  terhadap  laba  usaha  dagang.  Populasi  dan  sampel  adalah  300 dengan presentase 15 %, maka 45 pedagang yang akan menjadi sampel penelitian. Dari 300 pedagang tercatat bahwa 246 wanita dan 54 pria, maka 246 x 15 % = 37 dan 54 x 15 % = 8. Dengan demikian peneliti akan meneliti 45 responden dengan jumlah 38 responden wanita dan 8 responden pria. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Samping dengan metode sampling insidental.

Hasil  uji  penelitian  menunjukkan  bahwa nilai  R  Square sebesar 0,554 (55,4 %). Hal ini menunjukkan pengaruh persentase variabel independen (modal, barang dagangan dan intervensi pemerintah) terhadap variabel dependen (laba usaha dagang) sebesar 55,4 %. Sedangkan sisanya 44,6 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Secara serentak, modal (X1), barang dagangan (X2), dan intervensi pemerintah (X3)  bersama-sama  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  laba  usaha dagang. Secara parsial, modal (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap laba usaha dagang, barang dagangan (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan   terhadap   laba   usaha   dagang,   dan   intervensi   pemerintah   (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba usaha dagang.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ani, Endang Aris Nur.(2007). Keuntungan dalam Jual Beli Perspektif Hukum Islam. Yogyakarta: Muamalat, Fakulta Syariah UIN Sunan Kalijaga. Ardiana,

Ninna. (2011). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laba Usaha Mikro di Pasar Tradisional Kota Binjai. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatra Utara.

http://repository.usu. ac.id/handle/123456789/30453. 20 Oktober 2015, 22:01.

Griffin, Rickiy W. dan Ronal J. Ebert. (2005). Bisnis, edisi 7. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.

http://kamuskbbi.web.id/arti-kata-barangdagangan-menurut-kamus-besar-bahasa indonesia-kbbi.html (diakses pada hari sabtu, 21 November 2015, pukul 14:27).

http://regulasi.kemenperin.go.id/site/download_peraturan/513 (di akses pada hari selasa, tanggal 3 november 2015,pukul 20:50).

http://www.perpustakaan.depkeu.go.id/FOLDERJURNAL/2014_kajian_pkppim Intervensi%20Pemerintah.pdf (diakses pada hari rabu, tanggal 4 november 2015, pukul 08:05).

Ilham, Nurhidayah. (2014). Analisis Faktorfaktor yang Mempengaruhi Laba Usaha Dagang

Pada Pasar Tradisional di Kabupaten Pangkep. Makassar: Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

http://repository.unhas.id/bitstream/ handle/123456789/8860. 2 september 2015: 09:27.

Jaribah. (2006). Fikih Ekonomi Umar bin Al Khathab. Jakarta: Khalifah (Pustaka AlKausar

Group).

Junaidi (http://junaidichaniago.wordpress.com). 2010. (diakses pada hari rabu, tanggal 11 Januari 2016, pukul 16:20).

Khuzriyah. (2014). Etos Kerja Pedagang Sembako Muslim Pasar Beringharjo. Yogyakarta: Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam UIN Sunan kalijaga.

Ma’arif, Samsul. (2013). Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang

Pasar Bandarjo Ungaran Kabupaten Semarang. Semarang: Jurusan Ekonomi Pengembangan

Fakultas Ekonomi Universitas Negri Semarang.

http://lib.unnes. ac.id/18627/1/7450408038.pdf. 5November 2015,: 13:38.

Masykuroh, Ely. (2008). Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Pada Teori Ekonomi Mikro Islam. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Muhammad. (2005). Pengantar Akumulasi Syariah. Jakarta: Selelmba Empat.

Poerwadarminta, W.J.S. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyadi. (2006). Kesadaran Hukum Pedagang Muslim Terhadap Ketentuan Hukum

Islam dalam Jual Beli (Studi di Pasar Grosir Cipalir Jakarta Selatan). Yogyakarta: Universitas Islam Negri Sunan KaliJaga. P3EI, Pusat Pengkajian dan Pengembangan

Ekonomi Islam. (2008). Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiri, Slamet. (2005). Akuntansi Pengantar 2 Edisi Ke-4. Yogyakarta: AMP YKPN.

_____ dan Bogat Agus Riyono. (2008). Akuntansi Pengantar 1 Edisi Ke-7. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis, cetakan ke-17. Bandung: CV. Alfabeta.

_____ (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta. Sujarweni, V. Wiratna dan Endrayanto,

Poly. (2012). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumintarsih, dkk. (2011). Eksistensi Pasar Tradisional, Relasi dan Jaringan Pasar Tradisional Di Kota Surabaya, Jawa Timur. Yogyakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, Direktorat

Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(1).%25p

   

    

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.