Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Faktor Sosial Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah ( Studi Kasus Di Dusun Pandean Pundung Wukirsari Imogiri Bantul ) Angga Dwi Saputra dan Abdul Ghani
Abstract
Analisis Pengaruh Pendidikan dan Faktor Sosial Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah (Studi Kasus Di Dusun Pundung Wukirsari Imogiri Bantul) Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2016
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya warga atau masyarakat di Indonesia khususnya di Dusun Pandean Pundung yang kurang minim pengetahuan tentang perbankan syariah. Salah satu penyebab kurangnya pengetahuan masyarakat disebabkan oleh tingkat pendidikan dan faktor sosial yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan dan faktor sosial terhadap pengetahuan masyarakat tentang bank syariah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga Pundung yang berdomisili atau bertempat tinggal di Pundung sejumlah 390 orang, hal ini berarti jumlah sampel yang diambil peneliti dalam penelitian ini sebanyak 10% yaitu 39 orang yang telah memenuhi kriteria pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling untuk pengambilan datanya.
Setelah dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 20 for windows, hasil penelitian ini adalah bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan masyarakat (Y). Dari hasil uji t hanya pendidikan (X1) yang berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan masyarakat (Y), sedangkan variabel independen faktor sosial (X2) bernilai positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan masyarakat (Y). Dari hasil uji F diperoleh kesimpulan bahwa variabel pendidikan (X1) dan faktor sosial (X2) secara serentak berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan masyarakat (Y), yang ditunjukkan oleh nilai signifikasi F sebesar 0,016 pada α sebesar 0,05.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali Zainudin, (2008), Hukum Perbankan Syariah. Yogyakarta: Sinar Grafika
Andriawan Riski (2014). PreferensiSantri Pesantren Terhadap Bank Syariah Di Kota Yogyakarta
Arikunto S, (2006), Prosedur Penelitian Kuantitatif Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Bima Aksara
Aswar, Syarifudin. (2008). Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Basu Swasta DH, (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Didin Kurniadin Dan Imam Machali, (2013),Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta:ArRuzz Media
Elly M. Setiadi dkk, (2006),Ilmu Sosial Budaya Dasar edisi ketiga.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
H. Adiwarman Karim, (2012), Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
H. M Sudiyono, (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Adi Mahatsya
Husein Umar, (2005), Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama
Husein Umar, (2005). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta;PT Gramedia Pustaka Utama
Kasus Di Pondok Pesantren Al-Luqman Dan PondokPesantren Nurul Ummah). Skripsi UIN Sunan Kalijaga
Made Pidarta, (2009). Landasan Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Muhammad, (2005). Manajemen Bank Syariah, edissi revisi, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN
Muhammad Ghafur Wibowo, (2008), Memahami Bunga dan Riba Ala Muslim Indonesia. Yogyakarta: Biruni Press
Muslimin H. Kara, (2005). Bank Syariah di Indonesia Analisa Kebijakan Pemerintah Indonesia terhadap Perbankan Syariah, Yogyakarta: UII Press, Cetakan Pertama
Musyafiq Hasyim (2013). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pekerjaaan terhadap Pengetahuan Produk Perbankan Syariah (Studi kasus: Kepala Keluarga di Dukuh Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta). Skripsi STIA ALMA
ATA Yogyakarta
Nur Kholis dkk. (2012). Pengantar Ekonomi Islam, kopertais wilayah III, UIN Sunan Kalijaga,
Notoatmojo,Soekidjo.(2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Philip kotler.(2007). Manajemen Pemasaran. Edisi-12 jilid 1 PT. Indeks : Indonesia
Philip kotler,(2008), Manajemen Pemasaran Edisi ke Tiga Belas, terj. Bob Sabran, Yogyakarta:
PT. Gelora Aksara Pratama
Supradi, (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis.Yogyakarta: UII Pers
Wahit Iqbal Mubarak dkk, (2010), Pengantar dan TeoriIlmu Sosial Budaya.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(1).%25p