Analisis Pengaruh Usia Perusahaan Total Aset Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Studi Kasus Di Bmt Beringharjo Yogyakarta

Ahmad Yunadi, Al Amin

Abstract


Al amin (2015). Analisis Pengaruh Usia Perusahaan Total Aset Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Di BMT Beringharjo Yogyakarta). Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin maraknya bermunculan BMT (Baitu Maal Wa Tanwil) di Yogyakarta tentu akan berdampak pada persaingan yang sangat ketat dalam memikat masyarakat untuk bermitra dan menjadi nasabahnya. Ini akan menjadi suatu ancaman bagi BMT Beringharjo dalam bersaing menjadi yang terbaik. Walaupun demikian, BMT Beringharjo sudah cukup lama berdiri dan melayani masyarakat dalam dunia BMT. Dengan adanya keunggulan BMT Beringharjo dalam usia, aset dan citra perusahaan tentu ini menjadi sebuah keuntungan bagi BMT Beringharjo untuk tetap eksis dan menjadi yyang terbaik dan terdepan dibandingkan dengan BMT lainnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usia, aset dan citra perusahaan BMT Beringharjo terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan pada nasabah BMT Beringharjo Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan Random Sampling.

Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukan variabel independen usia perusahaan (X1) dan total aset (X2) terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen loyalitas nasabah (Y), sedangkan variabel independen citra perusahaan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen loyalitas nasabah

kemudian pada uji F untuk loyalitas nasabah BMT Beringharjo adalah sebesar

0,000. Hasil uji tersebut berada dibawah nilai alpha 0,05, kemudian nilai F hitung sebesar 12,607 sedangkan nilai F tabel  sebesar 1,66023 (F hitung> F tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh signifikan  secara simultan antara variabel

independen  (  usia  perusahaan,  total  aset  dan  citra  perusahaan)  terhadap  loyalitas  nasabah BMT Beringharjo Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Buku

Arikunto. S. (2006). Prosedur Penelitian Kuantitatif Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto. S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswar. Syarifudin. (2008). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Drs. Basu Swastha DH, M. B. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

______ (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPEF.

dkk. J. F. (2008). Perilaku Konsumen Jilid I Alih Bahasa F. X. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Duwi, Priyanto. (2010). Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS 17.0. Media Kom: Yogyakarta Griffin.

Ricky W. dan Ronald J. Ebert. (2008). Business.Jakarta: Erlangga.

Handoko. B. S. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: LIBERTY.

Harry. (2011). Akuntansi Perusahaan Dagang danJasa. Bandung: Alfa Beta.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhammad Muflih. (2006). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rudi Baradudrudin dkk dalam Burhanuddin S. (2010).Aspek Hukum Lembaga Keuangan

Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswanto Sutojo. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Pustaka Mulia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabetta.

______ (2011). Metodelogi Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Pers. Supranto. J. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Jurnal

Hidayat. R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan Produk dan Nilai Perusahaan Terhadap

kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus di Bank Mandiri Syariah). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan di akses 23 sept 2015 jam 23.00 wib.

http://ajrc.aceh.org/wpcontent/uploads/2009/01/ sistem-perbankansyariah1.pdf, diakses pada 6 September 2015

http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/ bitstream/handle/Loyalitas-Nasabah.pdf

diakses pada tgl 1 oktober 2015 jam 20.30 wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(1).%25p

   

    

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.