Analisis Pengaruh Usia Perusahaan Total Aset Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Studi Kasus Di Bmt Beringharjo Yogyakarta
Abstract
Al amin (2015). Analisis Pengaruh Usia Perusahaan Total Aset Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Di BMT Beringharjo Yogyakarta). Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin maraknya bermunculan BMT (Baitu Maal Wa Tanwil) di Yogyakarta tentu akan berdampak pada persaingan yang sangat ketat dalam memikat masyarakat untuk bermitra dan menjadi nasabahnya. Ini akan menjadi suatu ancaman bagi BMT Beringharjo dalam bersaing menjadi yang terbaik. Walaupun demikian, BMT Beringharjo sudah cukup lama berdiri dan melayani masyarakat dalam dunia BMT. Dengan adanya keunggulan BMT Beringharjo dalam usia, aset dan citra perusahaan tentu ini menjadi sebuah keuntungan bagi BMT Beringharjo untuk tetap eksis dan menjadi yyang terbaik dan terdepan dibandingkan dengan BMT lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usia, aset dan citra perusahaan BMT Beringharjo terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan pada nasabah BMT Beringharjo Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan Random Sampling.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukan variabel independen usia perusahaan (X1) dan total aset (X2) terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen loyalitas nasabah (Y), sedangkan variabel independen citra perusahaan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen loyalitas nasabah
kemudian pada uji F untuk loyalitas nasabah BMT Beringharjo adalah sebesar
0,000. Hasil uji tersebut berada dibawah nilai alpha 0,05, kemudian nilai F hitung sebesar 12,607 sedangkan nilai F tabel sebesar 1,66023 (F hitung> F tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel
independen ( usia perusahaan, total aset dan citra perusahaan) terhadap loyalitas nasabah BMT Beringharjo Yogyakarta.
Full Text:
PDFReferences
Buku
Arikunto. S. (2006). Prosedur Penelitian Kuantitatif Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto. S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswar. Syarifudin. (2008). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Drs. Basu Swastha DH, M. B. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
______ (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPEF.
dkk. J. F. (2008). Perilaku Konsumen Jilid I Alih Bahasa F. X. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Duwi, Priyanto. (2010). Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS 17.0. Media Kom: Yogyakarta Griffin.
Ricky W. dan Ronald J. Ebert. (2008). Business.Jakarta: Erlangga.
Handoko. B. S. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: LIBERTY.
Harry. (2011). Akuntansi Perusahaan Dagang danJasa. Bandung: Alfa Beta.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhammad Muflih. (2006). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rudi Baradudrudin dkk dalam Burhanuddin S. (2010).Aspek Hukum Lembaga Keuangan
Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siswanto Sutojo. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Pustaka Mulia.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabetta.
______ (2011). Metodelogi Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Pers. Supranto. J. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Jurnal
Hidayat. R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan Produk dan Nilai Perusahaan Terhadap
kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus di Bank Mandiri Syariah). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan di akses 23 sept 2015 jam 23.00 wib.
http://ajrc.aceh.org/wpcontent/uploads/2009/01/ sistem-perbankansyariah1.pdf, diakses pada 6 September 2015
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/ bitstream/handle/Loyalitas-Nasabah.pdf
diakses pada tgl 1 oktober 2015 jam 20.30 wib.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(1).%25p