Tendensi Wakaf Uang di LWPNU-PWNU YOGYAKARTA

Baiq Ismiati, Ageng Asmara Sani, Umi Saniatun Diniyah

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan wakaf uang sebagai salah satu instrumen penggalangan dana masyarakat untuk kepentingan kesejahteraan umat. Instrumen ini belum digarap secara maksimal, baik dari sisi penghimpunan maupun pengelolaannya hal ini berbanding terbalik dengan potensi wakaf yang sangat besar.

Penelitian ini dilakukan di LWPNU-PWNU Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan lapangan (field research). Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif (qualitative descriptive research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan analisis data model Miles and Huberman dengan langkah- langkah data collection, data condensa, data display, dan conclusions drawing/verifysing.

Berdasarkan hasil analisis yang telah diuraikan tentang “Tendensi Wakaf Uang di LWPNU-PWNU Yogyakarta (Antara Produktif Dan Konsumtif), maka dapat  dirumuskan; pertama,  lembaga pengelola wakaf tunai oleh LWPNU- PWNU Yogyakarta lebih memberikan pemahaman masyarakat manfaat adanya wakaf uang dan masyarakat melakukan pewakafan di lembaga. Kedua, Mekanisme pengelolaan Wakaf Uang di LWPNU-PWNU Yogyakarta dilaksanakan  menurut  UU wakaf dan peraturan pelaksanaanya diantaranya: Pertama, Proses penghimpunan, yang mana hal ini dilakukan oleh LWPNU- PWNU Yogyakarta dengan sistem bantingan dilakukan melalui kotak wakaf dan sebagainya.  Kedua,  mekanisme  LWPNU-PWNU  Yogyakarta  dalam pengelolaan wakaf uang  terdiri dari penghimpunan, sosialisasi, dan penyaluran dana  3)  Implikasi pengelolaan wakaf uang  di LWPNU-PWNU Yogyakarta terlihat pada tiga hal yakni: bidang sarana ibadah, bidang pendidika, dan bidang ekonomi.

Kata kunci: Wakaf, Pengelolaan Wakaf Uang dan LWPNU-PWNU Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Aam S. , R. & Devi, A., 2017. Analisis Pengelolaan Dana Wakaf di Indonesia : Pendekatan Metode Analytic Network Process (AnP). Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam.

Abdul, A. M. A., 2014. Fiqih Muamalat. Jakarta: Amzah.

Almantiqy, M. H., 2017. Model dan Mekanisme Pengelolaan Wakaf Uang di Indonesia. Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam.

Almantiqy, M. H., 2017. Model dan Mekanisme Pengelolaan Wakaf Uang di Indonesia. Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam.

Badan Wakaf Indonesia, 2020. Badan Wakaf Indonesia. [Online] Available at: www.bwi.or.id

Dahlan, R., 2014. Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Nazhir Terhadap Wakaf Uang. Jurnal Al-Istishad.

Direktorat Pengembangan Zakat dan Wakaf, 2005. Paradigma Baru Wakaf Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji.

Fauziah, S. & El-Ayyubi, S., 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Persepsi Wakif Terhadap Wakaf Uang di Kota Bogor. Al-Muzara’ah, pp.

Hadi , A. & Nashiruddin Amin, M., 2019. Tinjauan Hukum Islam Dan Undang - Undang Nomor 41 Tahun 2004 Terhadap Praktek Pengelolaan Wakaf Uang. Jurnal Ummul Qura.

Hadi, S., 1982. Metodologi Research. Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologi UGM.

Idrus, M., 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Erlangga.

Ikhsanudin, M., 2012. Optimalisasi Wakaf Produktif Bagi Lembaga Pendidikan dan Ormas Islam di Indonesia. Jurnal Mukaddimah, p.

Jannah, N., 2014. Konsep Investasi Wakaf Tunai dan Aplikasinya di Tabung Wakaf Indonesia. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, pp.

Khadijah, H., 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penghimpunan Wakaf Uang di Indonesia (Pendekatan Analytical Network Process). Jurnal Al-Muzara’ah.

Kholik, N., Ismiati, B. & Balqish, N., 2019. Analisis Program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Rumah Zakat Yogyakarta. Jurnal Ideas Publishing.

Koentjaraningrat, 1999. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Lisiawati, 2018. Analisis Pemahaman Masyarakat Kota Palembang tentang Wakaf Produktif dan Uang. I-Finance.

Maksum, M., 2010. Manajeman Investasi Wakaf Uang. Muqtasid Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.

Mathew, M., Huberman, M. & Saldana, J., 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. America: Sage Publications.

Moleong, L. J., 2007. Metode Penelitian. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, M. A., 2016. Pengembangan Wakaf Uang Tunai Sebagai Sistem Pemberdayaan umat dalam pandangan ulama konvensional dan kontenporer. Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam.

Ngasifudin, M. & Salam, A., 2015. Analisis Akad Pembiayaan Mudharabah dan Implikasinya terhadap Kesejahteraan Anggota dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di KOPWAN BMT An-Nisa Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Islam, pp.

Novalita, H., 2017. Pemanfaatan Dana Tabungan Haji Untuk Pegembangan Wakaf Produktif. Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam.

Nurul Huda, d., 2019. Persepsi Sivitas Akademika Muslim Terhadap Wakaf Uang. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi , pp.

Nurul, H., Hulmansyah & Zulihar, 2019. Wakaf Uang Untuk Pengembangan Operasional Kegiatan Masjid. Jurnal Al-Ikhlas,

Rozalinda, 2016. Manajemen Wakaf Produktif. Jakarta: Rajawali Pers. Rusydiana, A. S.

Devi, A., 2017. Analisis Pengelolaan Dana Wakaf Uang di Indonesia. Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam.

Salam Abdul & Risnawati, D., 2019. Analisis Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik (Studi Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh NU -Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, pp.

Soekanto, S., 1999. Pokok-pokok Sosiologi Hukum. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhrawardi, K. L. & Wajdi, F., 2016. Hukum Wakaf Tunai. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Suryabrata, S., 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Tho‟in , M. & Prastiwi, I. E., 2015. Wakaf Tunai Perspektif Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Tho'in, M. & Prastiwi, I. E., 2015. Wakaf Tunai Perspektif Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Tika, M. P., 2006. Metodalogi Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H. & Akbar, P. S., 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Usman, N., 2017. Varian Mauquf ‘Alaih Am sebagai Alternatif dalam Pengembangan Wakaf Produktif. Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum.

Wulandari, S., Jaenal , E. & Saptono, I. T., 2019. Pemilihan Nazhir Dalam Optimalisasi Pengelolaan Wakaf Uang. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM).

Ilmiah, D. (2020). Optimalisasi asset wakaf melalui sukuk wakaf di indonesia. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 9(2), 127-137.

Ilmiah, D. (2020). Peran Perbankan Syariah Dalam Implementasi Wakaf Uang Untuk Pengembangan Industri Halal Di Jawa Timur. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 1-20.

Yunadi, A. (2020). Maqasid as-Syari’ah dan Asuransi Syari’ah. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 10(2), 159-172.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2021.11(1).74-85

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.