Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Cisco IT Essentials Virtual Dekstop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Wahyudin Sanusi, Jajang Kusnendar, Naufal Nur Azmi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di dunia saat ini telah mengubah paradigma pendidikan dengan memberikan ruang bagi integrasi inovatif dan metode pembelajaran yang lebih menarik. Pendidik diharapkan dapat menguasai dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada agar siswa dapat belajar secara mandiri dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Problem-Based Learning berbantuan media interaktif Cisco IT Essentials Virtual Desktop dengan integrasi E-Learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman Sistem Komputer. Metodologi penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel eksperimen meliputi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 1 di SMK Negeri 8 Bandung. Temuan penelitian menunjukkan respon yang baik terhadap Cisco IT Essentials Virtual Desktop dengan integrasi E-Learning berbasis web, dengan ahli media memberikan persetujuan sebesar 82% dan ahli subjek memberikan persetujuan sebesar 92%, kedua-duanya dikategorikan sebagai "Sangat Baik." Pemanfaatan multimedia terbukti efektif, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan yang signifikan dalam skor post-test dari 34.86 menjadi 73.43. Nilai rata-rata N-gain sebesar 0.56 menunjukkan tingkat efektivitas "Sedang." Para siswa memberikan feedback yang positif, dengan skor sebesar 88%, dikategorikan "Sangat Baik".



DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v7i1.4269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
IJUBI by https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)
Department of Information System
Alma Ata University
Email: ijubi@almaata.ac.id