PENERAPAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION PADA WEBSITE KURSUS ONLINE ANAKKODING.ID

Sri Mulyatun Mulyatun, Galang Setia Budi, Dwi Rahmawati Rahmawati, Sri Ngudi Wahyuni, Rosyidah Jayanti Vijaya, Rahma Widyawati Widyawati

Abstract


Promosi adalah hal terpenting pada sebuah bisnis. Anakcoding.id adalah salah satu bisnis dibidang pelatihan yang menekankan promosi berbasis digital, yaitu Search Engine Optimization atau SEO. Adapun tujuan penelitian ini adalah pemanfaatan SEO pada website Anakcoding.id agar pengguna google mudah menemukan website Anakcoding.id dengan memasukan kata kunci yang relevan. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah On-Page dan Off-page dengan bantuan analisis keywords dari google keywords planner. Sehingga website anakkoding.id memiliki jangkauan yang luas seiring berjalannya waktu dapat meningkatkan jumlah pengunjung website dan meningkatkan  pemasaran dan pendapatan Anakcoding.id. pada pengembangan SEO ini, digunakan pengujian menggunakan alpha box dan black box test. Kesimpulan penelitian ini adalah metode SEO menggunakan teknik On-Page, Off-page serta Technical SEO sangat memudahkan dan menyempurnakan elemen-elemen website seperti Meta tag untul lebih mudah dibaca oleh search engine.

Keywords


Promosi, Website, SEO

Full Text:

PDF

References


M. Bungo, “Jurnal Marketing 20,” vol. 2, pp. 75–86, 2018.

Nova Arianto, “Skripsi-17014027-NovaArianto.” 2020.

M. Hayaty, D. Meylasari, U. A. Yogyakarta, S. Informasi, and U. A. Yogyakarta, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization ( SEO ) Sebagai Media Promosi,” vol. 5, no. 2, pp. 295–300, 2018.

S. N. Wahyuni, D. A. Wijaya, M. Informatika, and U. A. Yogyakarta, “Penerapan dan optimasi riset keyword dengan teknik allintitlle pada mesin pencari google,” vol. 2, no. 2, pp. 40–44, 2018.

R. Bagaskara Halilintar and D. Ariyus, “Implementasi Seo (Search Engine Optimization) Pada Website Agc (Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan Serp (Search Engine Result Page) Studi Kasus : Website Gallery,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2018, vol. 6, no. 1, pp. 1-3–13, 2018, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2065.

F. I. Halim, B. Suranto, and I. V Paputungan, “Implementasi Strategi Search Engine Optimization pada Startup AyoSparring,” J. Autom., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.

P. Septiani and H. Kurniawan, “Analisa Penggunaan Keyword Untuk Implementasi Search Engine Optimization (SEO),” Respati, vol. 15, no. 3, pp. 83–91, 2020, [Online]. Available: http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/376.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v4i2.1952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
IJUBI by https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)
Department of Information System
Alma Ata University
Email: ijubi@almaata.ac.id