IMPLEMENTASI AGILE DEVELOPMENT PADA PENGEMBANGAN APLIKASI CETAK SERTIKAT ONLINE MUNASBA UIVERSITAS AL-AZHAR INDONESIA.

Muhammad Najamuddin Dwi Miharja

Abstract


program studi sastra Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Al-azhar Indonesia mempunyai kegiatan rutin tahunan yaitu Munasba atau multaqa nasional bahasa arab sekaligus memperingati hari bahasa arab Se-Dunia. Pada atahun ini yaitu tahun 2020 munasba dilakasankan pad atanggal 17 desember 2020 dengan tetap melaksanakan protocol kesehtan untuk mengurangi penyebaran Covid-19, untuk itu dibuatlah sebuah sistem percetakan sertifikat online. Dalam metode pengembanganya penulis mengimplementasikan sebuah metode pengembangan perangkat lunak scrum yang bisa membantu proses pengembangan perangkat lunak tersebut dengan baik. Dalam implementasi metode scrum ini langkah-langkah yang dilakukan adalah menentukan Product Backlog, merencanakan Sprint, melakuakan daily meeting scrum juga melakukan review dan retrosprective. Hasil penelitian menujukkan bahwa metode scrum dapat digunakan dalam implementasi pengembangan perangkat lunak sistem cetak sertifikat online ini dengan baik.

Keywords


Scrum, e-sertifikat, jurnal

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adi, Putu And Guna Permana. (2015). “Scrum Method Implementation In A Software Development Project Management”. International Journal of Advanced Computer Science and Applications 6(9):198–204.

Rubin, Kenneth S. (2013), Essential Scrum. Pearson Education Inc,

Science, Computer. (2015). “Agile Software Development Methodology. European Journal of Mathematics and Computer Science” 2(1):22–27.

UAI, (2020), https://uai.ac.id/multaqa-nasionalbahasa-arab-munasba-iii-dalam-rangka-memperingatihari-bahasa-arab-se-dunia/




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v3i2.1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
IJUBI by https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)
Department of Information System
Alma Ata University
Email: ijubi@almaata.ac.id