IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENENTUAN JALUR TERPENDEK STUDI KASUS JARAK TEMPAT KULIAH TERDEKAT

Muhammad Muharrom

Abstract


Bagi siapapun yang ingin bepergian menuju jakarta, darimana pun domisili orang tersebut berada, seperti wilayah bekasi yang memang salah satu wilayah yang berdekatan dengan provinsi Jakarta, entah bepergian menuju ke jakarta perihal bekerja ataupun kuliah harus mengetahui rute mana yang tercepat dan terpendek untuk dilalui dan sebisa mungkin menghindari wilayah yang macetnya parah, karena kemacetan di Jakarta sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Banyak langkah langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan tersebut, seperti pembangunan  fly over dan  underpass, pengoperasian jalur busway, pemberlakuan jam  tree in one  dan sebagainya. Akan tetapi kemacetan tetap saja masih sering terjadi sampai saat ini, Oleh karena itu diperlukan peran aktif dari pengguna jalan sendiri untuk dapat mengatasi kemacetan tersebut. Salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan mencari rute alternatif yang dapat dilalui. Oleh karena itu penulis mencoba membuat study kasus perjalanan dari Ujungharapan-Bekasi menuju Menara Salemba (STMIK Nusa Mandiri) - Jakarta Pusat sebagai percobaan penerapan metode dengan menggunakan algoritma Dijkstra yang dapat menemukan jalur tercepat dan terpendek. Sehingga perjalanan dari Bekasi menuju STMIK Nusa Mandiri akan lebih cepat dan menghemat waktu, tenaga dan biaya bahan bakar.

Keywords


pencarian rute terpendek, algoritma dijkstra

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Retnani WEY, Istiadi D, Roqib A. Pencarian SPBU Terdekat dan Penentuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma DIJKSTRA (Studi Kasus di Kabupaten Jember). J Nas Tek Elektro. 2015;4(1):89. doi:10.25077/jnte.v4n1.132.2015

Salaki DT. Penentuan Lintasan Terpendek Dari Fmipa Ke Rektorat Dan Fakultas Lain Di Unsrat Manado Menggunakan Algoritma Djikstra. J Ilm Sains. 2011;11(1):73. doi:10.35799/jis.11.1.2011.46

Ardyan S, Suyitno A, Mulyono. Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Kabupaten. UNNES J Math. 2017;6(2):108-116.

Pradhana, B.A. 2009. Studi Dan Implementasi Persoalan Lintasan Terpendek Suatu Graf Dengan Algoritma Dijkstra Dan Algoritma Bellman-Ford.

Munir, Rinaldi. (2012). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v3i1.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
IJUBI by https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)
Department of Information System
Alma Ata University
Email: ijubi@almaata.ac.id