PENGARUH PROMOSI KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. HONDA IDK

Vanessa May, Nurmaidah Ginting, Devin Cahyadi, Billie Kristiawan, Emma Novirsari

Abstract


PT. Honda Idk Cab. Cemara Asri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri kendaraan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meneliti pengaruh promosi, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian di PT. Honda Idk Cemara Asri. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Honda Idk Cemara Asri. Sampel dalam penelitian ini berjumla. 100 orang yang ditentukan dengan teknik kuota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel promosi tidak berpengaruh signifikan, karena nilai T-statistic (0,727) < 1,96 dan P- value (0,468) > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel kualitas produk, nilai T- statistic (2,911) > 1,96 dan P-value (0,004) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pada variabel harga, didapat hasil T-statistic (5,562) > 1,96 dan P-value (0,000) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara simultan dapat dilihat dari uji F. Pada hasil pengujian ini, didapat nilai NFI (0,837) > 0,062, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi, harga, dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di PT. Honda Idk Cemara Asri.

Keywords


Promosi, Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek produk Rabbanil di Palembang.

Astuti, M., Mm, M. O. S., Matondang, N., Kom, S., & MM, M. T. (2020). Manajemen pemasaran: UMKM dan digitalisasi media. [Publisher Name]

Esti, Sarah S. (2022). Pengaruh celebrity endorser, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Scarlet di Jabodetabek.

Fathanul, V. (2022). Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian BTS Meal di McDonald's: Studi kasus di wilayah Cakung Jakarta Timur.

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh citra merek, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen NPK Mutilara di UD. Barelang Tanjung Pinang.

Helrawati, H., & Muslikhah, M. (2019). Pengaruh promosi dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian Sarialyu Putih Langsat.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan.

Listyawati, N. (2020). Strategi upaya peningkatan pemasaran produk perbankan terhadap nasabah di BNI KCP Pinrang: Analisis ekonomi syariah.

M. R. (2023). Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap minat beli layanan GoFood di Kota Meland.

Marhamah, M., Hidayanti, S. K., & Purnamasari, El. D. (2023). Pengaruh promosi, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen klinik kecantikan di Palembang.

Pratama, F. H. (2021). Pengaruh citra perusahaan, harga, dan kualitas pelayanan terhadap minat membali pada produk Narma, Mustika Jaya, Bekasi.

Purwanto, F. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk lipstik Revlon di Yogyakarta.

Ramadhan, R. G. (2019). Pengaruh kebutuhan akan prestasi dan kebelanjaan mengambil risiko terhadap niat wirausaha (Survey pada mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UNIKOM). Universitas Komputer Indonesia.

Rohman, M. A., & Ilchsan, R. M. (2021). Pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan PT Honda Daya Anugrah Mandiri cabang Sukabumi: Manajemen sumber daya manusia.

Sani, S. A., Batubara, M., Sillalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh promosi, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk Scarlet di Whittening.

Selra, V. A. P. S., & Dan, F. E. (2023). Pengaruh celebrity endorser, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada sepatu futsal Specs.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).262-270

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.