PENGARUH BAURAN PEMASARAN (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAPE BAKAR DI HOME INDUSTRY TAPE TIGA BINTANG BONDOWOSO

Mohammad Alief Hidayatullah, Mufidatul Himmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian pada Home Industry Tape Tiga Bintang di Bondowoso. Metode Penelitian kuantitatif yaitu dengan menitikberatkan pada pengujian hipotesis menggunakan data terukur menggunakan skala likert. Metode penentuan sampel adalah Purposive Sampling sebanyak 120 orang. Metode analisis menggunakan Uji Validitas, Uji reabilitas, Uji regresi sederhana, Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi. Dari hasil olah data SPSS 26 pada Home Industry Tiga Bintang menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel produk terhadap keputusan pembelian, dibuktikan nilai 3.221 > 0.1793 dengan signifikan 0,002 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel harga terhadap keputusan pembelian, dibuktikan nilai 5.409> 0.1793 dengan signifikan 0,001 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel tempat terhadap keputusan pembelian, dibuktikan nilai 3.887> 0.1793 dengan signifikan 0,001 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel promosi terhadap keputusan pembelian, dibuktikan nilai -2.833 > 0.1793 dengan signifikan 0,005 < 0,05. (5) Terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel orang terhadap keputusan pembelian, dibuktikan nilai 4.188> 0.1793 dengan signifikan 0,001 < 0,05. (6) Tidak terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel proses terhadap keputusan pembelian, dibuktikan nilai -1.239 < 0.1793 dengan signifikan 0,218 > 0,05. (7) Tidak terdapat pengaruh positif signifikan pada variabel proses terhadap keputusan pembelian, dibuktikan nilai 0,428< 0.1793 dengan signifikan 0,670 > 0,05. Kemudian secara bersama-sama variabel bebas berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan  21.848 >  2,09, dengan nilai signifikan sebesar 0,001 .


Keywords


Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, and Ratih Hurriyati, Manajemen Corporate Dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (ALFABETA, 2008)

Amrin, Abdullah, Bisnis, Ekonomi, Asuransi Dan Keuangan Syariah, 2009

Andriyanto, Lilik, Siti Syamsiar, Indah Widowati, Program Studi Agribisnis, and Fakultas Pertanian, ‘Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum’, 20.1 (2019), 26–38

Assauri, Sofyan, Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep Dan Strategi, 1987

Barcelona, Oktavianus, M Tumbel, Tinneke, and A.F Kalangi, John, ‘Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata’, 8.2 (2019), 34–42

Fatihudin, Didin, and Anang Firmansyah, Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan) (Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2019)

Imron, Imron, ‘Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV . Meubele Berkah Tangerang’, 5.1 (2019), 19–28

Indradewa, Rhian, ‘How Product Quality , Brand Image , and Customer Satisfaction Affect the Purchase Decisions of Indonesian Automotive Customers’, Economics and Management, 10, No.2.januari (2019)

Kadarusman, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada PT. Atiqah Prima Di Takalar, 2018

Khotimah, Khusnul, and Muhammad Jalari, ‘Menguji Marketing MIX 7P Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Sukoharjo’, Maker: Jurnal Manajemen, 7.Juni (2021), 81–94

Kotler, Philip, and kevin lane Keller, ‘Manajemen Pemasaran’

Malhotra, Naresh K, ‘Basic Marketing Research’

Marcelina, Jesse dan Tantra, Billy, ‘Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Guest House Di Surabaya’, 2014

Marcelina, Jesse, and Billy Tantra B, ‘Guest House’, 2015, 2016

Noor, Agus Mentari, ‘Pengaruh Bauran Pemasaran 7 ( P ) Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Hotel Grand Sawit’, 4.4 (2016), 1031–45

Nuari, Ahmad Raihan, ‘Pentingnya Usaha Kecil Menengah Untuk Mendorong Kebutuhan Ekonomi’

Purnamasari, Yulia Endah Sukma, ‘Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berlibur Di Kota Semarang’, 2011

Rangkuti, Freddy, Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006)

Subaida, Pertanyaan Wawancara (Bondowoso)

Sugiyono, ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D’ (bandung: ALFABETA CV, 2016)

Tanjung, Ivana, ‘Analysis of the Effect of Marketing Mix 7P on Purchase Decisions at Sentra Snack Stores’, 1.2 (2021), 125–33

Yulianti, Nanda, ‘Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Jasa Pembuatan Spanduk Surya Printing Lampung’, 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).236-247

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.