PENGARUH KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN BNI MOBILE BANKING PADA BNI KK ANTANG

Nurulhidayah Nurulhidayah, Muryani Arsal, Amelia Rezki Septiani Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kegunaan dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Layanan BNI Mobile Banking pada BNI KK Antang. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah BNI KK Antang. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 100 responden dan menggunakan metode purposive sample. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan alat analisis data yaitu SmartPLS versi 4.1.0.0.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kegunaan (X1) berpengaruh terhadap Minat (Y) Demikian juga variabel Kemudahan (X2) berpengaruh terhadap Minat (Y). Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh manajemen perbankan untuk mempertahankan layanan Mobile Banking dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah.


Keywords


Kegunaan, Kemudahan, Minat, Mobile Banking

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2023, maret 8). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Memiliki Handphone/Ponsel di 34 Provinsi Indonesia (2022). Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/08/67-penduduk-indonesia-punya-handphone-pada-2022-ini-sebarannya

Annur, C. m. (2022, maret 23). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Retrieved from databoks.com: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi.

Abdillah, Willy dan Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: ANDI

Alice Crow, L. D. C. (1984). Psikologi Pendidikan. PT Bina Ilmu

Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Davis, F. D.; Bagozzi, R. P.; & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982-1003.

Dendeng, G. N., Pio, R. J., & Sambul, S. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Banking Oleh Nasabah Bank BRI di Kota Manado. Productivity, 3(6), 501-506.

Endrayanto, Sujarweni. 2012. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012. Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen:Pedoman Peneltiian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro, 2006.

Ferista, Y. (2014). Pengaruh risiko yang di persepsikan dan kepuasan konsumen terhadap minat beli pada konsumen kaskus website di Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Manajemen Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit - Undip.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 2.Universitas Diponegoro Semarang.

Hutabarat, R.M. 2010. “Mobile Banking Security Based WAP”, accesssed on December22,2013from http://anakkebo.wordpress.com/2010/03/23/mobile-banking-security-analysis-based-wap-ronald-m-hutabarat-113040275/

Irmadhani, & Adhi, N. M. (2012). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 1–20

Junai Al Fian. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5. No. 6. 2016.

Lemeshow, 1997, Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan, Yogyakarta, UGM

Lieny, L. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kenyamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking Di Bca Pangkalpinang. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, 8(2), 56-62.

Maulana, R., Iskandar, I., & Mailany, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Technology Acceptance Model. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 146. https://doi.org/10.22373/cj.v2i2.4161

Ramadhani, R. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah terhadap Layanan Internet banking di Semarang: dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Yogyakarta. Yogyakarta.

Riduwan dan Akdon. 2008. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Supriyadi. (2014). Pengaruh persepsi teknologi informasi, kemudahan penggunaan, resiko transaksi, dan fitur layanan pada minat ulang nasabah dalam menggunakan internet banking. Jurnal Manajemen.

Veonnita, R., & Rojuaniah, R. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan, kegunaan dan kepuasan terhadap loyalitas melalui kepercayaan nasabah pengguna mobile banking BCA. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 6(1), 68-78.

Wida, P. A. M. W., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja, I. P. G. (2011). The Technology Acceptance Model. Inter-Organizational Information Systems and Business Management, 234–250. https://doi.org/10.4018/978-1-60960-768-5.ch015

Yahyapour, N. (2008). Determining Factors Affecting Intention to Adopt Banking Recommender System, Case of Iran, Thesis,Lulea University of Technology Division of Industrial

Budianto, E. W. H. (2022). Pemetaan Penelitian Seputar Akad Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah: Studi Bibliometrik VOSviewer dan Literature Review. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 25. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).25-36

Fradesa, F., Arzuna, P., & Sawitry, M. (2022). Potensi Wisata Syariah Candi Muara Jambi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(1), 53–68.

Hasan, Z., Jayanti, E. D., Azlina, N., Lestari, R., & Muslim, M. (2022). Prospect of Islamic Electronic Money in Indonesia: Case Study on the LinkAja Application. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 1. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).1-13

Mei Dianty, S. N. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Masyarakat untuk Berinvestasi pada Produk Syariah melalui Reksadana dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Moderasi. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 14. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1)14-24




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).297-310

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.