PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWA PT HAZMAT TECHNO INDONESIA

Steven Khosasi, Yovie Ernanda, Michika Citra, Pelysa Pelysa, Edisah Putra Nainggolan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh komunikasi, motivasi,  dan lingkungan kerja terhadap  kinerja  karyawan.  Dengan  memiliki  komunikasi  yang  baik antar karyawan  dan  atasan,  perusahaan  bisa  membuat  karyawan  menjadi  pendengar yang aktif sehingga mereka dapat  merespons  apa  yang  sedang  dibicarakan  oleh atasan  serta  mampu  memberikan  feedback  terhadap  kebijakan  perusahaan.  Motivasi merupakan semangat yang timbul di dalam menjalankan pekerjaan. Motivasi karyawan yang kurang baik sehingga karyawan tidak merasa bersemangat dalam menjalankan pekerjaan yang ada di perusahaan. Perbedaan lama bekerja juga menjadi perbandingan yang utama bagi karyawan. Hal ini mengakibatkan sentimen karyawan terhadap perusahaan menjadi tidak baik.  Dalam menjalankan  pekerjaan.  Lingkungan  kerja yang nyaman dibutuhkan oleh setiap karyawan yang bekerja.  Berbagai  masalah  dalam lingkungan kerja yang terjadi seperti lingkungan  kerja  yang  kurang  komunikatif dan kooperatif akan membuat ketidakefektifan kinerja  karyawan  dan  terganggunya kegiatan perusahaan yang sedang berlangsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan adalah 97 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan sampling jenuh. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial komunikasi, motivasi, dan lingkungan  kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.  Secara simultan komunikasi, motivasi, dan lingkungan kerja bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja,


Keywords


Komunikasi, Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Abu Achmadi, Cholid Narbuko, Metodelogi Penelitian,Wijaya Hengki, (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan. Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25 Update PLS Regresi.

Hartatik, Puji, Indah , (2018), Sumber Daya Manusia, Jogjakarta: Laksana. Hasibuan, H. M. (2019). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi. Aksara.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Pamela, A.O., & Oloko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk. Perusahaan, Edisi ke 6. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum.

Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan.

Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sukanto., Indriyo., (2018), Manajemen Produksi, Edisi keempat, BPFE, Yogyakarta. Sutardji.2016. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi. Pertama.

Yogyakarta; Dee Publish.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).113-121

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.