KONSEP PARAWISITA HALAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN MAQASHID SYARIAH

Sodikin Sodikin

Abstract


Pariwisata halal beberapa tahun terakhir telah menjadi perbincangan di Indonesia. Sejumlah kalangan masyarakat di Indonesia mengira bahwasannya adanya konsep pariwisata halal yang ada di Indonesia adalah sebuah representasi dari pariwisata islami ialah perihal yang agak aneh. Konsep pariwisata halal atau sebutan lainnya seperti dalam istilah lain tamasya syariah yang saat ini memunculkan sebuah perbincangan, apakah konsep pariwisata halal tersebut mempunyai landasan filsafat yang erat pada ajaran Islam, ataukah hanya sebuah wujud rencana ekonomi guna menerapkan pariwisata yang dapat bersaing serta dapat mengembangkan penerimaan dari para wisatawan muslim asing. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pariwisata halal di Indonesia telah menjadi konsep yang tepat dan sesuai dalam merepresentasikan pariwisata yang islami. Namun di beberapa sisi masih terdapat adanya ketidaksesusaian dalam tata kelola pariwisata halal di Indonesia yang telah mengabaikan prinsip maqashid syariah. Adanya kebijakan legal yang mengadopsi prinsip dan nilai-nilai dalam maqashid syariah adalah hal yang harus dipertimbangkan oleh pemerintah untuk dapat diimplementasikan dalam pariwisata halal di Indonesia.

Keywords


Parawiata Wisata Halal, Al-Qur’an, Maqosid syariah

Full Text:

PDF

References


Al Farisi, M. S. (2020). Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 60–75.

Fahham, A. M. (2017). Tantangan Pengembangan Wisata Halal Di Nusa Tenggara Barat. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 65–79.

Imron, A. (2018). Studi tentang motivasi peziarah di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak: perspektif dakwah. UIN Walisongo Semarang.

Index, G. M. T. (2019). Mastercard-CrescentRating: Global Muslim Travel Index 2019. MasterCard & CrescentRating.

Jaelani, A. (2017). Halal tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. International Review of Management and Marketing, 7(3).

Khan, F., & Callanan, M. (2017). The Halalification of tourism. Journal of Islamic Marketing.

Oktadiana, H., Pearce, P. L., & Chon, K. (2016). Muslim travellers’ needs: What don’t we know? Tourism Management Perspectives, 20, 124–130.

Prof, S. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, danRgD. Bandung: Alfabeta Cv




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(2).438-447

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.