PENGARUH KEUNIKAN PRODUK DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM OLEH-OLEH KOTA MAKASSAR

Nurhani Nurhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh keunikan produk dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) oleh-oleh Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei lintas-seksi yang melibatkan 326 responden dari berbagai latar belakang dan karakteristik. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur persepsi konsumen terhadap keunikan produk, kelengkapan produk, dan keputusan pembelian mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik keunikan produk maupun kelengkapan produk memiliki pengaruh yang signifikan baik secara partial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari alpha 0,00 dengan nilai t hitung 64,9. Namun, keunikan produk memiliki pengaruh yang lebih kuat daripada kelengkapan produk. Temuan ini memiliki implikasi praktis bagi pelaku bisnis UMKM oleh-oleh Kota Makassar dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan memenangkan persaingan pasar. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang preferensi konsumen terhadap keunikan dan kelengkapan produk dapat menjadi kunci keberhasilan bagiperusahaan dalam mengembangkan produk yang menarik dan memenuhi kebutuhan pasar dengan baik

Keywords


Keunikan produk, kelengkapan produk, Keputusan Pembelian, UMKM

Full Text:

PDF

References


Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317–325. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2486

Baso, M., & Daryanti, D. (2022). Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi Umkm Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 7(2), 355–363. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2411

Fawzeea, B. K., Sofiyah, F. R., Sudardjat, I., & Muda, I. (2019). The role of technology marketing micro business, small and medium enterprises (Smes) agents for repurchase intention and its impact on the community satisfaction (case in Indonesia). International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 1724–1730.

Ichsan, R. N., & Yusuf, M. (2021). Strategi Bisnis Umkm Selama Pandemi Covid-19. 6(2).

Ihsan, M., & Baso, H. M. (2023). Implementasi Strategi Promosi Above The Line ( ATL ), Below The Line ( BTL ), dan Through The Line ( TTL ) Pada UMKM Di Kota Makassar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 1156–1168.

Perekonomian, K. K. B., & Indonesia, R. (2021). Peningkatan Daya Saing UMKM sebagai Ujung Tombak Perekonomian Indonesia Menuju Pasar Global. KEMENTERIAN Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2948/peningkatan-daya-saing-umkm-sebagai-ujung-tombak-perekonomian-indonesia-menuju-pasar-global

Putri, H. Z. A. (2023). TA: Pengaruh Keunikan Produk, Promosi Online, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kekinian “Dugal” Durian Kukus Tegal.

Ratnadianti, A., Fahmi, I., & Hannan, S. (2020). Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 17(1), 74–85. https://doi.org/10.17358/jma.17.1.7




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).175-181

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.