PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN DENGAN MEDIASI BIAYA PROMOSI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Aprin Perdana, Rosalina Pebrica Mayasari, Firmansyah Arifin

Abstract


This study aims to analyse the effect of distribution costs on sales by mediating promotional costs. The population of this study is 14 automotive companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2022 period. Research samples were taken using purposive sampling techniques so that as many as 8 companies were obtained. The type of data used in this study is secondary data obtained from financial statements and annual reports. The analysis technique used in this study used multiple linear regression analysis and Sobel test with the help of SPSS version 26. The results showed that 1) Distribution Costs have a significant effect on sales; 2) Promotional costs affect sales; 3) Distribution Costs affect Promotional Costs; and 4) Promotional Costs Mediate the Effect of Distribution Costs on Sales.

 


Keywords


Distribution Cost, Promotional Cost, Sales

Full Text:

PDF

References


Adi, J. T. & Sukawati. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Unud. 7(11), 5955-5982. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i11.p6

Aryawiguna, A. (2022). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan.

Dharmmesta, B. S. & Handoko, H. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi OFFSET.

Fauzi, A., Wahyudi, A. S., Fizikri, B. Al, Danu, J., Sari, R. N., Habibah, S., Febianti, V., & Yuliani, Z. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Shopee. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 388–396.https://doi.org/10.5281/zenodo.10280879

Febriant, R. (2021). Pengaruh Industri 4.0 terhadap Industri Otomotif Indonesia. Kompasiana.https://www.kompasiana.com/riofebriant6387/600cff2f8ede4878e02ca8a2/pengaruh-industri-4-0-terhadap-industri-otomotif-indonesia.

Kotler, P. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta

Krisma, A.Y., Arnold Eron, F.A., Kardika, I.M., Emanuella, R.G., Atmaja, Y.C., & Palangan, C.Y. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Pada Usaha Pecel Lele Pak Marno. GIAT: Teknologi untuk Masyarakat.

Mulyadi. (2018). Akuntansi Biaya (5th ed). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mulyana, A. (2017). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Laba Usaha Samsung Co. Tahun 2009-2015. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(3), 185-196. doi:10.25124/jmi.v17i3.1155.

Novera, A. (2014). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Sepada Motor Honda di CV. Mitra Makmur Samarinda. EJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(4), 899–913.

Pasaribu, A. B. & Rizal, R. (2021). Pengaruh Biaya Distribusi terhadap Penjualan Dengan Biaya Promosi Sebagai Mediasi Pada Perusahan Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 - 2020. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 129–140.

Siregar, B. et al., (2013). Akuntansi biaya (edisi 2). Badan penerbit salemba empat. http://www.penerbitsalemba.com.

Wahyuni. (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. HADJI KALLA Cabang Gowa (Issue 2).

Wulandari, N. & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Harga, Distribusi Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada PT. Tunas Dwipa Matra Tulang Bawang Barat). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI. 2. 863-871. 10.24127/diversifikasi.v2i4.1333.

Yuda, I.M., & Sanjaya, I.K. (2020). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjulan terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. DOI:10.22225/WE.19.1.1406.35-42

Budianto, E. W. H. (2022). Pemetaan Penelitian Seputar Akad Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah: Studi Bibliometrik VOSviewer dan Literature Review. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 25. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).25-36

Fradesa, F., Arzuna, P., & Sawitry, M. (2022). Potensi Wisata Syariah Candi Muara Jambi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(1), 53–68.

Hasan, Z., Jayanti, E. D., Azlina, N., Lestari, R., & Muslim, M. (2022). Prospect of Islamic Electronic Money in Indonesia: Case Study on the LinkAja Application. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 1. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).1-13

Mei Dianty, S. N. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Masyarakat untuk Berinvestasi pada Produk Syariah melalui Reksadana dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Moderasi. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 14. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1)14-24




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).311-324

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.