PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN PROFESI UNIVERSAL AIRLINES TRAINING CENTER GROUP DALAM MENINGKATKAN PENYERAPAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM BIDANG INDUSTRI PENERBANGAN DALAM

Titien Rahayuningsih, Bakhtiar Abbas, Megawati Megawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran Lembaga Pendidikan Profesi Universal Airlines Training Center Group dalam Meningkatkan Penyerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bidang Industri Penerbangan dalam Negeri dan faktor pendukung dan penghambat Lembaga Pendidikan Profesi Universal Airlines Training Center Group dalam Meningkatkan Penyerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bidang Industri Penerbangan dalam Negeri. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahan CV. UATC Mandiri (sekolah penerbangan Universal Airlines Training Center Group) Kendari. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Direktur UATC Group, Staff Pengurus dan dua orang alumni dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada uji keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi sumber. Dan teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa peran yang dilakukan LPP UATC Group dengan cara pelatihan dan pendidikan berjalan dengan baik yaitu dengan penekanan kemampuan peserta didik pada penguasaan skill, knowledge dan attitude. Faktor pendukung LPP UATC Group yaitu tersedianya sarana dan prasarana, adanya jaringan mitra, dengan metode pembelajaran 30% teori dan 70% praktek langsung di bandara udara, instruktur yang berpengalaman, kurikulum yang jelas dan tersedianya informasi lowongan kerja. Faktor penghambat yang dialami yaitu pengarsipan data alumni yang kurang terdokumentasikan dan terkendalanya restu dan izin orangtua peserta didik dalam penempatan kerja diluar kota.


Keywords


Lembaga Pendidikan Kursus dan Pelatihan, Penyerapan MSDM, Industri Penerbangan dalam Negeri bidang Ground Staff Airlines dan Aviation Securitty

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim. 2004. Manaj Afandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Nusa Media. Yogyakarta. Ahmad, B., & Bonso, H. 2020. Peran Lembaga Pendidikan Nonformal dalam

Menangani Kemiskinan di Era Milenial (Studi Kasus Loka Latihan Kerja UKM Kabupaten Biak Numfor). Jurnal Nalar Pendidikan Indonesia. 8 (2): 114-123.

Amirullah & Budiyono, Haris, (2014), Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.

A.M. Sardiman. 2013. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada

Ananda. (2022, April 7). Attitude: Pengertian, Tingkatan, dan Fungsinya dalam Keseharian. Dipetik Desember 5, 2022, dari Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/best-seller/attitude/

Asshidiqy, M. S. 2016. Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Surabaya Hotel School dalam Meningkatkan Penyerapan Tenaga Kerja Masuk ke Industri Perhotelan Bidang Housekeeping di Luar Negeri. Jurnal Plus Unesa. 5 (1): 1-9.

Bateman, Thomas S dan Snell, Scoot A, (2012), Manajemen: Kepemimpinan dan Kaloborasi Dunia yang Kompetitif, Jakarta: Salemba Empat.

Binus. (2019, Maret 19). Knowledge, Skill, and Attitude dalam Dunia Kerja. Dipetik Desember 5, 2022, dari Binus: https://sis.binus.ac.id/2019/03/19/knowledge-skill-dan-attitude- dalamdunia-kerja/

Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Putra Grafika. Jakarta.

Cinta, & Tania, Z. 2022. Fungsi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dua Putri dalam Pemberdayaan Perempuan di Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Dimas, P., & Simanjuntak, D. 2017. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Ecobisma Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen. 4 (2)64-76.

Fauzi & Widiastuti, 2018. Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa Padalarang. IKIP SILIWANGI, ISSN : 2615-1480. Volume 1 Nomor 2, Mei 2018.

Fatmawati, Chaerul, A., & Syahid, A. 2022. Implementasi Planning, Organizing, Leading, Controlling (POLC) Program Pelatihan Pengelasan untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Peserta Didik Lembaga Kursus dan

Pelatihan Nusa Citra Indonesia Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(19). 118-126.

Follet. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta. Bandung.

Gaol L, Jimmy. 2014. A to Z Human Capital : Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo : Jakarta.

Handoko. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta. Bandung. Hasibuan. 2017. Manajemen SumberDaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hilal , R. F. 2021. Analisis Peranan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan dalam Memepersiapkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas pada Bidang Penerbangan di Indonesia. Jurnal Manajemen Dirgantara. 14 (1): 30-36.

Johnson E.B. 2002. Contextual Teaching & Learning, What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press, Inc.

Kusumadmo, E. 2013. Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta : Cahaya Atma Pustaka.

LinovHR. (2012, 12 5). Konsep Knowledge, Skill, Attitude (KSA). Dipetik Desember 5, 2022, dari LinovHR: https://www.linovhr.com/konsep-ksa- knowledge-skill-attitude/

Mangkunegara, A. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. Jakarta.

M. Zidny Nafi’ Hasbi, I. W. (2021). Analysis of Ijarah Contract Service Innovations in Sharia Banking Transactions. In Annual International Conference on Islamic Economics and Business (Vol. 2021).

Nafi’ Hasbi, M. Z. (2021). Optimization of Management of Islamic Philanthropy Based on Productive Ownership Efforts for Empowering the Economic Independence. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 91–110.

Nafi’ Hasbi, M. Z. (2022). the Need for Revitalizing Zakah Regulation Toward Productive Zakah. Al’Adalah, 25(2), 125–136. https://doi.org/10.35719/aladalah.v25i2.302

Nafi’Hasbi, M. Z., Widayanti, I., & ... (2022). The Excellence of The Ummah Through The Integration of Islamic Philanthropy and Islamic Social Finance in Realizing Economic Independence. The 4th International …. https://conference.metaskrip.com/index.php/icon-uce/article/view/49

Sondakh, D. S., & Lapian, S. L. 2022. Penerbangan Ramah Lingkungan Implementasi Green Marketing pada Penerbangan Nasional. Lakeisah. Jawa Tengah.

Sugiyono. 2013. 2017. 2019. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV. Alfabeta. Bandung.

Sujanto, A. 2016. Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus dan Pelatihan (Lkp) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) untuk Penjaminan Mutu Lkp. Jurnal Ilmiah Infokam. 12 (2): 59-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).99-107

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.