ANALISIS PERKEMBANGAN PRODUK CONSUMER PADA BANK SYARIAH INDONESIA KC KEDIRI HAYAM WURUK

Elysa Septiana, Moh. Faizin

Abstract


Bank Syariah Indonesia atau BSI merupakan gabungan dari tiga bank syariah yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Setelah merger, BSI berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut, berbagai jenis produk BSI juga semakin berkembang, bahkan terdapat produk baru. Sebab, menyesuaikan pola pikir masyarakat dan kebutuhan masyarakat saat ini. Sehingga BSI menjadi solusi dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Pengembangan produk konsumen inilah yang harus diterapkan pada BSI KC Kediri Hayam Wuruk. Karena produk konsumen menjadi motor penggerak BSI KC Kediri Hayam Wuruk portofolionya sebesar 70% dari total produk BSI dan juga sebagai produk primadona BSI. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor, upaya, dan efektivitas pengembangan produk konsumen BSI KC Kediri Hayam Wuruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana penelitian ini menggunakan paparan data deskriptif bukan data numerik untuk menyajikan temuannya. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan produk konsumen di BSI KC Kediri Hayam Wuruk adalah faktor eksternal dan faktor internal. Sedangkan perkembangan pada produk konsumsi mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, pada produk pensiunan ditambah kerjasama dengan pensiunan asabri. Efektivitas BSI KC Kediri Hayam Wuruk dalam mengembangkan produk sangat efektif, terlihat dari respon pasar ketika kantor cabang melakukan promosi.

Kata Kunci : Pengembangan, Produk


Keywords


Development, Product

Full Text:

PDF

References


Abubakar, & Ngalimun. (2019). Psikologi Perkembangan (K-Media (ed.); 2019th ed.).

Ascarya, & Yumanita, D. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum (Seri Keban). ppsk.

Berita Media. (2022). Laba Naik 33,18%, BSI Siap Berlari Raih Pertumbuhan Berkelanjutan. 28 April. https://www.bankbsi.co.id/news-update/berita/laba-naik-3318-bsi-siap-berlari-raih-pertumbuhan-berkelanjutan

Husain, T. K., & Amran, F. D. (n.d.). Efektivitas pemasaran produk cokelat makalate melalui sms broadcast. 52–66.

Informan Ke Empat. (2023). Perkembangan Produk Pensiun.

Informan Ke Tiga. (2022). Perkembangan Produk consumer.

Informan kedua. (2023). Faktor Perkembangan Produk Consumer.

informan pertama. (2022). Faktor Perkembangan Produk.

Marleni, I., & Kasnelly, S. (2019). Penerapan Akad Mudharabah Pada Perbankan Syariah. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 52.

Muzakir, & Abdi, S. (2022). Efektivitas Publisitas Produk Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Ponorogo). Falahiya, I(1), 44–61.

Nofinawati. (2015). Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. JURIS, 14(2), 173.

Putra, Z. N. T. P., & Thamrin, H. (2022). Problematika dan dinamika perbankan syariah di era globalisasi. Tabarru’, 5.

Putra, Z. N. T., & Sunandar, N. N. (2023). Strategi pengembangan produk perbankan syariah dan prospek perkembangannya dalam industri perbankan. MONEY: Journal Of Financial And Islamic Banking, 1(1), 31–43.

Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk “ Rendang Uninam ” The Effectiveness of Instagram as a Promotional Media of Products “ Rendang Uninam .” JKPM, 05(01), 64–82.

Ramadhani, R. D. (2022). Efektivitas Pembiayaan Bank Syariah Dalam Perwujudan UMKM Sejahtera Pada Masa Pandemi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Susilo, E. (2021). Pengembangan Produk Bank Syariah Inovasi & tantangannya Ke Depannya. UPP STIM YKPN.

Syamsudin, I. (2019). Efektivitas promosi perpustakaan universitas hasanuddin makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Umam, K., & Utomo, S. B. (2016). Perbankan Syariah Dasar-Dasar Dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia (cet. ke 1). PT Raja Grafindo Persada.

Utami, R., & Janah, U. R. (2022). Analisis Marketing Syariah Terhadap Strategi. 2(2), 211–228.

Wiroso. (2011). Produk Perbankan Syariah (Cet Ke 2). LPFE Usakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).60-70

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.