EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN KERJA BIDANG BISNIS DAN MANAJEMEN DI BALAI LATIHAN KERJA SURABAYA DALAM UPAYA PENGENTASAN PENGANGGURAN DI KOTA SURABAYA

Hapsari Wiji Utami, Meyta Fiola Zafira

Abstract


Kuantitas sumber daya manusia yang terus bertambah di Indonesia harus diimbangi dengan adanya penciptaan lapangan pekerjaan. Balai Latihan Kerja Surabaya merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengasah skill guna bersaing di dunia kerja serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pelatihan serta bagaimana implementasi program pelatihan dalam dalam upaya mengentaskan pengangguran.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil kuisioner dan data sekunder yang berasal dari Balai Latihan Kerja Surabaya. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara bersama pegawai Balai Latihan Kerja serta peserta pelatihan bidang bisnis dan manajemen di Balai Latihan kerja Surabaya, pengajuan kuisioner kepada peserta pelatihan bidang bisnis dan manajemen dengan menggunakan perhitungan skala likert, serta observasi dan dokumentasi terhadap objek penelitian.  Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa peserta pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja telah mengikuti tahapan-tahapan pelaksanaan program Balai Latihan Kerja Surabaya dengan baik yang dimulai dari pendaftaran, seleksi, pelatihan, sertifikasi dan monitoring. Efektivitas program peatihan bidang bisnis dan manajemen ditentukan dengan beberapa indikator diantaranya reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Terdapat 39,29% peserta pelatihan telah terserap dalam pasar kerja dan berwirausaha setelah mengikuti pelatihan pada bidang bisnis dan manajemen. Serta hasil persentase yang diperoleh sebesar 94,02% menunjukkan bahwa sangat efektif adanya program pelatihan bisnis dan manajemen di Balai Latihan Kerja Surabaya dalam pengentasan pengangguran di Kota Surabaya.

Keywords


Efektivitas, Program Pelatihan, Balai Latihan Kerja, Peserta Pelatihan, Pengangguran

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, M. F. (2016). Tingkat kepuasan members fitness terhadap pelayanan di tempat kebugaran balai kesehatan olahraga dan pusat informasi pencegahan penyakit metabolik (Bkor-Pippm) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 6(2), 370–377.

Andayani, N. R., & Makian, P. (2017). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap kinerja Karyawan Bagian PT. PCI Elektronik International (Studi pada Karyawan PT. PCI Elektronik Internasional). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 41–26.

Arikunto Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. (2022a). Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja.

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. (2022b). Tingkat Pengangguran Terbuka. Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/1177/sdgs_11/1#

Berwulo, L. L. D., Masinambow, V. A. J., & Wauran, P. C. (2017). Analisis Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) di Kota Jayapura Analysis Of Local Revenue ( PAD ). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 17(01), 22–33.

Dimyati, A. (2018). Analisis Efektivitas Program Pelatihan Kerja Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja (Uptd Blk) Bandar Lampung …. Penelitian Mandiri Universitas Bandar …. http://artikel.ubl.ac.id/index.php/LIT/article/view/1185%0Ahttp://artikel.ubl.ac.id/index.php/LIT/article/download/1185/1508

Djajanegara, A. R. (2020). Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner) Oleh : Asep R. Djajanegara. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 1–11.

Fahri, Jalil, A., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Di Tengah Pandemi (Covid-19). Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 45–60. http://www.ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/almizan/article/view/142

Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.419

Ferri Yulian Ardiansyah. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Pleatihan Kerja Pada UPT Pelatihan Kerja Singosari Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Fitriani, N., Wahyuni, S., & Widianto, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Di UPT BLK Wonojati Malang. LEARNING COMMUNITY: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 56–61.

Gama Firmansyah. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Ponorogo Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Ponorogo.

Imam Ghozali. (2016). Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Infoematika, 18(2), 201–208. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/8581

Iqbal Hasan. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).34-42

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.