PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. HADJI KALLA TOYOTA KENDARI

Adwi Adwi, Andika Dzulhaji Pratama Putra, Dwi Zulkifar Mulyadi, Asraf Asraf, Arfin Bagea

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pemberdayaan dan knowledge management terhadap kinerja karyawan pada PT.Hadji Kalla Toyota Kendari; (2) Pemberdayaan terhadap kinerja karyawan pada PT. Hadji Kalla Toyota Kendari; (3) Knowledge management terhadap kinerja karyawan pada PT. Hadji KallaToyota Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Hadji Kalla Toyota Kendari jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 orang. Sampel penelitian ini adalah 60 responden dengan menggunakan metode slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data yang berasal langsung dari sumber data yang dikumpulkan secara khusus dan berhubungan langsung dengan masalah penelitian yang diteliti. Metode analisis data yang diguna kan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Pemberdayaan dan knowledge management secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (2) Pemberdayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan; (3) Knowledge Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Pemberdayaan Management, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Umar F. 2010. Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah. Jakarta: UI Press.

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Alvin sholeh. Smart Knowledge Worker. KMplus, Jakarta 2015.

Arsyad. 2021 .Media pembelajaran. | Online] dari

https://edel.staff.unja.ac.id/blog (20 Febuari 2021)

Atmo soeprapto, 2OO2.Menuju SDM Berdaya - Dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efisien, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Dalkir, K. 2016. Knowledge Management in Theory and Practice. Burlington, MA, Elsevier Butterworth-Heinemann. Dialih bahasakan oleh Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie, Salemba Empat, Jakarta.

Fernandez, Becerra, R., & Sabherwal, R. (2015). Knowledge Management Systems and Processes (2 ed.). New York and London: Routledge.

Gibson et al., 2012, Organisasi dan Manajemen, Edisi keempat, Erlangga, Jakarta.Gurteen,D. 2012. Creating a KnowledgeSharing Culture, Knowledge Management Magazine, vol 2. No 2, Februari.

Hasibuan. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).9-16

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.