Peran Interaksi Interpersonal Dalam Memediasi Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara

Usmaida Septisary Usman, Samdin Samdin, Mahmudin A Sabilalo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh lingkungan kerja terhadap interaksi interpersonal pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, 2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, 3) Pengaruh interaksi interpersonal terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara dan 4) Peran interaksi interpersonal dalam memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Aparatur Sipil Negara pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 154 Orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga sampel dalam penelitian adalah sebanyak 60 Orang. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dan partial least square (PLS).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap interaksi interpersonal pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Artinya bahwa semakin baik lingkungan kerja yang dipersepsi pada indikator lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik dapat meningkatkan interaksi interpersonal yang tercermin pada keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan dan kesamaan, 2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Artinya bahwa semakin baik lingkungan kerja yang dipersepsi pada indikator lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik dapat meningkatkan kepuasan kerja yang tercermin pada pekerjaan yang secara mental menantang, kondisi kerja yang mendukung, gaji atau upah yang pantas, kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan dan rekan sekerja yang mendukung, 3) Interaksi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Artinya bahwa semakin baik interaksi interpersonal yang dipersepsi pada indikator keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan dan kesamaan dapat meningkatkan kepuasan kerja yang tercermin pada pekerjaan yang secara mental menantang, kondisi kerja yang mendukung, gaji atau upah yang pantas, kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan dan rekan sekerja yang mendukung dan 4) Interaksi interpersonal memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Artinya bahwa interaksi interpersonal dapat dijadikan variabel mediasi dalam menjembatani pengaruh lingkungan kerjaterhadap kepuasan kerja pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, selain itu juga lingkungan  kerja secara tidak langsung berpengaruh signfikan terhadap kepuasan kerja pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara.

Keywords


Lingkungan Kerja, Interaksi Interpersonal dan Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tanzeh. 2014. Pengantar Metode penelitian. Yogyakarta: Teras.

Afandi, P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori, Konsep dan Indikator. Cetakan ke-1. Zanafa Publishing. Riau.

Ahyari, A., 2015. Manajemen Produksi (Pengendalian Produksi). Yogyakarta:

Badeni.2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Bandung, Alfabeta

Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganiem. 2011. Teori Komunikasi. Antar pribadi. Jakarta:Kencana.

Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan & Strategi Komuniksi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chandrasekar. 2011. Workplace environment and its impact on organisational performance in public sector organizations. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, 1 (1).

Darmawan, C., Silvana, H., Zaenudin, H. N., dan Effendi, R. 2019. Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2). https://doi. org/10.24198/ jkk.v7i2. 21163.

Darsono Dan Tjatjuk, Siswandoko, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21, Nusantara Consulting, Jakarta.

Devito, A Joseph. 2019. Komunikasi Antar manusia. Tanggerang Selatan: Karisma. Publishing Group.

Deddy Novie Citra Arta dkk. 2022. Peran Lingkungan Kerja Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Industri Pelayaran Swasta di DKI Jakarta). Jurnal KewarganegaraanVol. 6 No. 2 September 2022P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328.

Edy Sutrisno. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta : Prenada Media Group.

Emalia Sembiring dan Sukarman Purba (2019) “Influence Of Interpersonal Communication, Work Environment And Locus Of Control On Teachers’ Job Satisfaction

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Handoko, T. Hani dan As’ad Mohammad. 2016. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Hantula, D.A. 2015. Job satisfaction: the management tool and leadership responbility. Journal of Organizational Behaviour Management, 35 (1-2), 81-94.

Hasibuan, MalayuS.P. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke. Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksar

Isabella Jasmine dan Edalmen. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Sebagai Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No. 2/2020 Hal: 450-46. October 2019, Volume 7, ISSUE 4, 64-81E-ISSN NO: 2289 –4489.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(2).351-365

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.