Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Perawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II

Mega Oktiana, Siti Dyah Handayani

Abstract


Perawat merupakan sumber daya manusia yang penting dalam sebuah rumah sakit. Hal ini menyebabkan pelayanan keperawatan berkontribusi besar dalam menentukan kualitas kerja rumah sakit. Upaya peningkatan pelayanan rumah sakit, harus dilakukan secara beriringan dengan peningkatan kinerja perawat dalam melakukan pelayanan keperawatan. Dimana kinerja perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan merupakan masalah yang sangat penting untuk dikaji dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi 152 perawat. Jumlah sampel semua perawat. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model dengan AMOS. Hasil yang deperoleh berdasarkan nilai c.r > 1,96 dan p< 0,05 bahwa ada pengaruh yang signifikan antara iklim organisasi, kepemimpinan terhadap motivasi kerja dan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja, iklim organisasi, kepemimpinan terhadap kinerja perawat. Berdasarkan nilai standardized direct effect yang dilihat dalam tabel menunjukan hasil lebih besar, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh langsung iklim organisasi terhadap kinerja perawat dan ada pengaruh langsung kepemimpinan terhadap kinerja perawat. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan iklim organisasi dan kepemimpinan terhadap motivasi kerja dan kinerja perawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta unit II.

Kata Kunci: Iklim Organisasi, kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Perawat


Keywords


Iklim Organisasi, kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Perawat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Mulyono MH, Hamzah A, Abdullah AZ. Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Tingkat III 16.06.01 Ambon. J AKK. 2013;2(1):18–26.

Broni AA. Relationship between Motivation and Job Performance at the University of Mines and Technology, Tarkwa, Ghana: Leadership Lessons. J Creat Educ. 2012;3(3):309–14.

Ali A, Patnaik B. Influence of Organizational Climate and Organizational Culture on Managerial Effectiveness: An Inquisitive Study. Carringt Rand J Soc Sci. 2014;1(2):1–20.

Prasastono, Ndaru. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Hotel Muria Semarang. J Din Kepariwisataan. 2012;XI(2):32–9.

Salleh F, Dzulkifli Z, Abdullah WAW, Yaakob NHM. The Effect of Motivation on Job Performance of State Government Employees in Malaysia. Int J Humanit Soc Sci. 2011;1(4):147–54.

Zameer H, Ali S, Nisar W, Amir M. The Impact of the Motivation on the Employee’s Performance in Beverage Industry of Pakistan. Int J Acad Res Accounting, Financ Manag Sci. 2014;4(1):293–298.

Media L. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor X. In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. 2013.

Aryansah I, Kusumaputri ES. Iklim Organisasi dan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan. J Humanit. 2013;X(1):75–86.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2018.1(2).55-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats