Pengaruh Kualitas Standar Pelayanan Minimum Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pemberian Informasi Obat Kepada Pasien di Puskesmas Sewon 1 Bantul

Hira Astuti Rambe, Fatma Siti Fatimah, Eliza Dwinta

Abstract


Puskesmas sebagai sarana pusat kesehatan masyarakat yang menyediakan berbagai  pelayanan kesehatan, perlu memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan  sebab kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan pasien. Semua itu bisa tercapai jika pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak instansi berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan di Puskesmas Sewon 1 Bantul, serta untuk mengetahui kepuasan dan kepercayaan pasien akan layanan kefarmasian di Puskesmas Sewon 1 Bantul.Metode Penelitian   ini menggunakan deskriftif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, responden yang diambil sebanyak 110 responden dari Puskesmas Sewon 1 Bantul. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis uji korelasi Spearman rho. Hasil Penelitian yang diperoleh ialah 77.3% pasien merasa puas akan kualitas pelayanan yang diperolehnya dan sebanyak 11.8% pasien yang menaruh kepercayaan nya terhadap kualitas layanan di Puskesmas Sewon 1 Bantul. Kesimpulan Terdapat korelasi yang sangat lemah antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji spearman rho diperoleh koefisien (r2) 0.184 dan korelasi yang moderat atau sedang antara kualitas pelayanan terhadap kepercayaan hal ini dilihat dari nilai uji spearman rho diperoleh koefisien (r) 0.634


Keywords


Kepuasan;Kepercayaan;Kualitas Pelayanan;Standar Pelayanan Minimum; Satisfaction;Trust;Quality of Service;Minimum Service Standards

Full Text:

PDF

References


Mayefis D, Halim A, Rahim R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang ( Effect of Drug Information Service Quality Patient Satisfaction City Pharmacy X Padang ). J Ilmu Kefarmasian Indones. 2015;13(2):201–4.

Muliyani Rizka, Fatimah Siti Fatimah, Sarwadhamana Jaka. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Jaminan Sosial Kesehatan. J Kesehat Masy Indones. 2022;17.

Ekadipta E, Sadikin M, Yusuf MR. Kualitas Pemberian Informasi Obat pada Pelayanan Resep Berdasarkan Kepuasan Pasien BPJS Puskesmas Kecamatan Cilandak. Pharm J Farm Indones (Pharmaceutical J Indones. 2019;16(2):244.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Vol. 1, Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS). Jakarta; 2008.

Rimba Putri IR. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Indones J Hosp Adm. 2019;1(2):63.

yuyun yuniar RSH. Jurnal Kefarmasian Indonesia. Kepuasan Pasien Peserta Progr Jaminan Kesehat Nas terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apot. 2020;10(2):79–86.

Oldman M, Moore D, Collins S. Drug patient information leaflets in anaesthesia: Effect on anxiety and patient satisfaction. Br J Anaesth. 2004;92(6):854–8.

Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien. J Kesehat vokasional. 2017;2(1):140–8.

Nisa’ Z, Sugihantoro H, Syahrir A, Wijaya D. Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. J Islam Pharm. 2021;6(1):52–65.

Putri IRR. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Indones J Hosp Adm. 2018;1(2):63–9.

Fatimah FS, Sumarni S, Sarwadhamana, R. J., Mulyani R, Handayani PD. A Comparison of Patient Satisfaction When Using the Insured and Non-insured in Public Health Center (Puskesmas Kasihan 1) Bantul, Indonesia. Open Access Maced J Med Sci. 2022;10(T8):1–4.

Samidu LO, Werdati S, Fatimah FS. Relationship Of Leadership Style Room Head With Nursing Work Satisfaction In RSUD Wates Yogyakarta. Univ Alma Ata. 2019;3.

Mollaoğlu M, Çelik P. Evaluation of emergency department nursing services and patient satisfaction of services. J Clin Nurs. 2016;25(19–20):2778–85.

Ramli M. Preferensi Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Memilih Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Di Puskesmas Kassi-Kassi. PREDESTINATION J Soc Cult. 2022;2(2).

Sze WT, Pudney R, Wei L. Inpatients’ satisfaction towards information received about medicines. Eur J Hosp Pharm. 2020;27(5):280–5.

Rahmatullah MR. Pentingnya Standar Pelayanan Publik. Ombudsman. 2019;1.

Maryono, Putri IRR, Inayati A. Hubungan Pemberian Informasi Obat Pada Pasien Rawat Inap dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien di Unit Admisi RSUP DR. Sardjito Yogyakarta. Indones J Hosp Adm. 2020;3(1).

Lintresa L, Silalahi E, Purba S. Faktor-Faktor Yang Dominan Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. J Manaj dan Bisnis. 2021;21(1):113–27.

Suhermin, Hermawati A. Membangun Kepercayaan Kepada Rumah Sakit Berdasarkan Kualitas Layanan dan Kepuasan Pasien. Equilib J Ilm Ekon. 2021;10(1):51–9.

Druică E, Ianole-Călin R, Băicuș C, Dinescu R. Determinants of satisfaction with services, and trust in the information received in community pharmacies: A comparative analysis to foster pharmaceutical care adoption. Healthc. 2021;9(5).

Sertan A, Çek K, Öniz A, Özgören M. The Influence of Medicine Approaches on Patient Trust, Satisfaction, and Loyalty. Healthc. 2023;11(9).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2023.6(1).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats