ANALISIS KINERJA ORGANISASI BERDASARKAN MALCOLM BALDRIGE PERFORMANCE CRITERIA DI UNIT RAWAT INAP RSI MABARROT GRESIK

Muhammad Azhary, Setya Haksama, Alida Lienawati

Abstract


Abstrak

Latar Belakang: Aspek mutu pelayanan rumah sakit menjadi fokus dalam mengadakan persaingan memperoleh pasar, dimana mutu yang baik dapat mencerminkan keberhasilan rumah sakit sehingga penting untuk dilakukan pengukuran kinerja.

Tujuan: Untuk menganalisis kinerja organisasi berdasarkan Malcolm Baldrige di unit rawat inap RSI Mabarrot Gresik.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek sebanyak 34 terdiri dari perawat dan bidan yang bekerja di ruang rawat inap. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Kuesioner dilakukan uji validitas konten dan didapatkan nilai CVI = 0,77, kemudian dilakukan validitas konstruk dan didapatkan 90 item lebih besar dari r tabel (0,476). Uji reliabilitas digunakan menggunakan rumus alpha cronbach didapatkan nilai 0,986.

Hasil: RSI Mabarrot Gresik berdasarkan kriteria profil organisasi (86,76) , perencanaan stratejik (80,78), sumber daya manusia (82,75), kegiatan operasional (84,55), hasil-hasil (87,93) memiliki nilai sangat baik. Sedangkan kepemimpinan (79,50), fokus pelanggan (79,77), Pengukuran, Analisis, dan Manajemen pengetahuan (79,04) memiliki nilai baik. RSI Mabarrot Gresik termasuk dalam kategori sangat baik (835,04) atau Benchmark Leader. Profil organisasi dan kriteria kepemimpinan memiliki hubungan paling sedikit dengan kriteria lain sedangkan kriteria fokus pelanggan, kriteria pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan, serta kriteria hasil-hasil memiliki hubungan dengan semua kriteria yang lain. Hubungan sangat kuat adalah hubungan antara kriteria fokus pelanggan dengan kriteria hasil-hasil (0,837), kriteria perencanaan stratejik dengan fokus pelanggan (0,758), dan kriteria sumber daya manusia dengan kriteria fokus kegiatan operasional (0,993).

Kesimpulan: kinerja berdasarkan kriteria Malcolm Baldrige di RSI Mabarrot Gresik termasuk sangat baik. Pada penelitian selanjutnya diperlukan besar sampel yang lebih banyak serta sebaran responden yang homogen.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2023.6(1).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats