Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Perawat di Ruangan Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul di Masa Pandemi Covid–19 Tahun 2021

fahria tou, Sumarni Sumarni, Imram Radne Rimba Putri

Abstract


Profesi perawat mempunyai resiko yang sangat tinggi terkena stress, karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat tinggi terhadap keselamatan manusia. The American institute of stre menyatkan bahwa 46% pekerjaan perawat penuh dengan stress dan 34% perawat   berpikir serius untuk keluar dari pekerjaan kerena stress. Survey yang dilakukan prancis 74% perawat mengalami stress dan   study yang dilakukan perawat swedia 80% perawat mengalami   stress   yang   cukup   tinggi   akibat   pekerjaan.   Hasil   riset   PPNI menunjukan 50,9% perawat Indonesia mengalami stress kerja,sering pusing, lelah, tidak ada istirahat karena beban kerja terlalu tinggi di masa pandemi. Terdapat kinerja perawat sebanyak 48,8% memiliki stress kerja dan 51,1% memiliki stress kerja yang tinggi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Perawat di Ruangan Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul di Masa Pandemi Covid – 19 Tahun 2021. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif   dengan pendekatan cross sectionel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat di ruangan Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta dengan jumlah 34 perawat dengan pengambilan sampling dengan cara non probabillty sampling, pengumpulan data mengunakan jenis rancangan purposive sampling. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan Spearma’s rank. Hasil Penelitian ini adalah Stress  kerja  diruangan  Hemodialisa    RSUD  Panembahan  Senopati Bantul berada dalam kategori rendah sebanyak 18  (52,9%) responden. Kinerja perawat diruangan Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul berada dalam kategori sedang sebanyak 20 (58,8%) responden. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh stress kerja terhadap kinerja perawat diruangan Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji statistik spearman rank yang diperoleh nilai p value  0,001 (p<0,05).

Kata kunci: Stres Kerja; Kinerja Perawat; Job Stress; Nurse Performance


Keywords


Stres Kerja; Kinerja Perawat; Job Stress; Nurse Performance

Full Text:

PDF

References


Zahra MU. Stress Psikologis Masyarakat Akibat Pandemi COVID 19. 2021;

Yanti DE, Septiasari Y. Copingstress Perawat IGD RSI Asy-Syifaa Lampung Tengah. J Dunia Kesmas. 2017;6(4).

Kartini E. Hubungan Beban Kerja Berlebih Dan Gaji Dengan Stress Kerja Perawat di Instalasi Maternal Neonatal Rsud Ciawi Kabupatenupaten Bogor. 2015;

Diah Ta T. Pengaruh Work Family Conflict Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Dengan Stres Kerja Dan Kelelahan Emosional Sebagai Variabel Intervening Pada Perawat Wanita Di Rs. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. (Doctoral Diss Univ Hasanuddin). 2020;

Runtuwene KS, Kolibu FK, Sumampouw OJ. Hubungan Antara Stress Kerja Dengan Kinerja Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Minahasa Selatan. J KESMAS. 2018;7(5).

Saleha N, Delfina R, Nurlaili N, Ardiansyah F, Nafratilova M. Dukungan sosial dan kecerdasan spiritual sebagai faktor yang memengaruhi stres Perawat di masa pandemi Covid-19. NURSCOPE J Penelit dan Pemikir Ilm Keperawatan. 2020;6(2):57–65.

Wang J, Okoli CT, He H, Feng F, Li J, Zhuang L, et al. Factors associated with compassion satisfaction, burnout, and secondary traumatic stress among Chinese nurses in tertiary hospitals: A cross-sectional study. Int J Nurs Stud. 2020;102:103472.

Sumarni S, Pramuntadi A. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Perawat di RS PK Muhammadiyah Bantul. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2019;5(2):154.

Ristiana M. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dan Kinerja Karyawan Rumah Sakit Bhayangkara Trijata Denpasar. DIE. J Ilmu Ekon Manaj. 2013;9(1):57–70.

Wirnipin S, Adiputra I, Yuniarta G. Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, dan Akuntablitas Publik Terhadap Kinerja Organisasi Publik Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng. e-Journal S1 Ak Univ Pendidik Ganesha. 2015;3(1):1–12.

Sawitri E, Dirdjo MM. Hubungan Budaya Organisasi dengan Kinerja Perawat di Instalasi Rawat Inap Publik (Non Intensif) Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. 2018;

Machfoedz I. Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Revisi. Yogyakarta; 2016.

Arisanti KD, Santoso A, Wahyuni S. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Nganjuk. JIMEK J Ilm Mhs Ekon. 2019;2(1):101–18.

Fisella Wilfin Kumajas, Warouw H, Bawotong J. Hubungan Karakteristik Individu dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow. J Keperawatan Indones. 2014;2(2):1–8.

Nainggolan VR. Hubungan stres kerja dengan kinerja perawat pelaksana di rsu bina kasih medan tahun 2017 skripsi. Universitas SUmatra Utara; 2018.

Putri IRR, Rosa EM. Analisis Motivasi Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. J Ners dan Kebidanan Indones. 2015;3(2):82–90.

Nur KH. Hubungan Stres Kerja dengan Kinerja Perawat Shift Malam di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun Tahun 2018. 2018;

Febriana SKT. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Kerja Perawat. J Ecopsy. 2016;1(1):28–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(2).63-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats