Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kuesioner Manajemen Talenta

Eva Silvia Ningsih, Fatma Siti Fatimah, Raden Jaka Sarwadhamana

Abstract


Manajemen talenta dalam suatu organisasi mampu memberikan pengarahan pada proses pengembangan dan pemanfaatan keahlian, kemampuan serta talenta yang dimiliki oleh karyawan, yang dilaksanakan mempunyai tujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang handal dengan jumlah yang memadai untuk menempati posisi kunci perusahaan sehingga keberlangsungan perusahaan dapat terjamin termasuk rumah sakit. Tujuan penelitian: penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen kuesioner manajemen talenta. Metode penelitian: penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode cross sectional subjek diambil secara total sampling berjumlah 57 responden perawat. Tehnik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pearson correlation dan cronbach’s alpha. Hasil: hasil uji validitas kuesioner manajemen talenta menunjukan nilai P-value <0,05 yang bermakna setiap item pernyataan dalam kuesioner valid. Hasil uji cronbach’s alpha menunjukan nilai 0,853 yang berarti instumen reliabel. Kesimpulan: penelitian ini menyimpulkan instumen kuesioner manajemen talenta terbukti memiliki validitas konkuren yang baik dan reliabel. Untuk mengukur variabel manajemen talenta. 

Kata Kunci: manajemen talenta; kuesioner; uji validitas; reliabilitas; talent management; questionnaire; validity test; reliability


Keywords


manajemen talenta; kuesioner; uji validitas; reliabilitas; talent management; questionnaire; validity test; reliability

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 2009;

Kurniawan AD. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi, Pemberdayaan, Psikologis, Dan Afektif Terhadap Kinerja Pekerjaan [Internet]. Vol. 2, Journal of Chemical Information and Modeling. 2020.

Aji Ratna Kusuma, Muhammad Ali Adriansyah NDP. Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship. J Psikostudia Univ Mulawarman,. 2013;2(2):100–16.

Dr. A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama; 2017.

Kusumowardani A, Suharnomo. Analisis Pengaruhmanajemen Talenta Dan Global Mindsetterhadap Kinerja Karyawan Dan Turnover Intention Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro J Manag. 2016;5(3):1–15.

Katili PB, Wahyuni N, Wildan M. Pengaruh Manajemen Talenta dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Semin Nas IENACO. 2015;618–25.

Sutomo AH, Ircham Machfoedz. Teknik Menyusun Kuesioner & Panduan Wawancara (Alat Ukur Penelitian) Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Fitramaya; 2019.

Ircham Machfoedz. Bio Statistika. Yogyakarta: Fitramaya; 2020. 189 p.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(2).52-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats