Analisis Pengaruh Pemahaman Akreditasi dan Karakteristik Individu terhadap Kinerja Karyawan Medis dan Non Medis di RSUD Kabupaten Karanganyar

Oktavy Budi Kusumawardhani, Mirah Rejeki, Antasya Octaviana, Intan Nurcahyaningsih, Riszi Ramadhani

Abstract


Latar Belakang: Akreditasi menunjukkan komitmen nyata sebuah rumah sakit untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi risiko bagi para pasien dan staf rumah sakit. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pemahaman akreditasi dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan medis dan non medis di RSUD Kabupaten Karanganyar. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu karyawan medis yang berkarya di RSUD Kabupaten Karanganyar dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini dengan metode simple random sampling. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi berganda. Kontribusi Penelitian: Penelitian ini dapat mengetahui pengaruh pemahaman akreditasi dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan medis dan non medis di RSUD Kabupaten Karanganyar. Hasil: Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemahaman akreditasi dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan medis sebesar 0,031 kurang dari 0,05 pada nilai signifikan dan tabel F yaitu 2.730 lebih dari F tabel 2.20 dan tidak ada pengaruh pada pemahaman akreditasi dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan non medis dengan nilai Sig 0,471 lebih dari nilai kepercayaan 0,05 dan tabel F 0.929 yang kurang dari F tabel 2,20. Kesimpulan: Pada kinerja karyawan medis yang berpengaruh yaitu pemahaman akreditasi sedangkan untuk karakteristik individu tidak terdapat pengaruh ke kinerja karyawan. Sedangkan untuk kinerja karywan non medis baik pemahaman akreditasi atau karakteristik individu tidak terdapat pengaruh.

Kata Kunci: Pemahaman Akreditas, Karakteristik Individu, Kinerja Karyawan Medis, Kinerja Karyawan Non Medis,

Keywords


Pemahaman Akreditas; Karakteristik Individu; Kinerja Karyawan Medis; Kinerja Karyawan Non Medis

Full Text:

PDF

References


Akbar. 2018. Analisis Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Perawat. Sukoharjo: UMS Tesis

Ali Doğan Al a, İbrahim Anıl. 2016. “The Comparison Of The Individual Performance Levels Between Full-Time And Part-Time Employees: The Role Of Job Satisfaction”. Procedia - Social and Behavioral Sciences (235) : 382 – 391.

Amir, Syafar, Kaseng. 2016. Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dirumah Sakit Daerha Madani Provinsi Sulawesi Tengah (Studi Perbandingan Antara Instansi Kesehatan Jiwa dan Umum). E- Jurnal Katalogis Vol 4 No 7

Anwar Kurniadi. 2013. Manajemen Keperawatan dan Prospektifnya; Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ariani, Suseno, sutarno. 2019. Analisis Pengaruh Penempatan Karyawan, Karakteristik Individu, Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol. 13 No. 2 Desember 2019 hal. 300-309

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Kamus Besar Bahasa Idonesia. Edisi 5. Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Kesehatan (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1221, 2014).

Departemen Kesehatan (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2017 Tentang Akreditasi Rumah Sakit, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 1023, 2017).

Erhan Beyhan. 2005. “The Impact Of Higher Education On The Job Preparedness And Job Performance Of Turkish National Police Officers”. M.S. University Of Arkansas At Little Rock.

Hurriyati, Ratih (2005), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung :

Alfabeta.

Ilyas, Y. 2002. Kinerja : Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta : Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan, FKM-UI.

Khan, dkk. 2014. “The Impact of Job Satisfaction and Organizational commitment on the Intention to leave among the Academicians”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 4 (No. 2).

Komal Khalid Bhatti and Tahir Masood Qureshi. 2007. “Impact Of Employee Participation On Job Satisfaction, Employee Commitment And Employee Productivity”. International Review of Business Research Papers, Vol. 3 (No. 2) : 54 – 68.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).2012. Instrumen Akreditasi Rumah Sakit, Standar Akreditasi Versi 2012, Edisi – 1, Tahun 2012. Jakarta: KARS

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). 2014 . Peraturan Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit Nomor 1666/KARS/X2014 Tentang Penetapan Status Akreditasi Rumah Sakit, 2014.

Kusbaryanto. 2010. “Peningkatan Mutu Rumah Sakit dengan Akreditasi”.

Mutiara Medika. Vol. 10 (No. 1) : 86 – 89.

Lanka”. 2019. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM). e-ISSN: 2278–487X, p-ISSN: 2319–7668, PP 40–47, www.iosrjournals.org

Linda Koopmans, Claire M. Bernaards, Vincent H. Hildebrandt, Henrica C.W. de Vet, Allard J. van der Beek. (2013). “Measuring Individual Work

Mudrajad Kuncoro. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. (Edisi 4). Jakarta: Erlangga.

Ony. 2017. Kompentensi dan Kinerja Karyawan Administrasi Pekrnatoran Rumah Sakit RK Charitas Palembang. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 15 No. 2 Oktober 2017

Performance - Identifying and Selecting Indicators”. WORK: A Journal of Prevention, Assessment & Rehabilitation. 45 (3).

Prayoga, Lailiyah, Sari. 2017. Analisis Kepuasan Karyawan Dan Akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah Blambang. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga Vol. 2 No. 2

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Lembaran Negara RI Tahun 2009, No. 153, 2009

Republik Indonesia. 2014.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 298, 2014

Robbins, SP. Judge, TA. 2017. Organizational Bahavior (17th ed.). England : Pearson Education Limited Edinburgh Gate Harlow Essex CM20 2JE.

Roscoe, J.T. 1975. Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences. (2nd Ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Sekaran, U. 2000. Research Method for Business (3rd Ed.). New York : John Wiley & Sons, Inc.

Soekidjo Notoatmodjo. 1997. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Jakarta : ANDI.

Tika H. Moh. Pabundu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Cetakan Pertama. PT. Bhumi Aksara. Jakarta.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen. Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan.

Jakarta : Bumi Aksara.

Wibowo. 2020. Pengaruh Pemahaman Akreditasi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Medis Di RS Kasih Ibu Surakarta. Sukoharjo: UMS Tesis

Wijono D. (2008). Manajemen Mutu Rumah Sakit Dan Kepuasan Pasien. Surabaya : Duta Prima Airlangga.

Yaslis Ilyas. 2002. Kinerja. Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta : Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2020.3(2).74-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats