Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Medis Di Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo Tahun 2020

Achmad Subahtiyar, Sri Nawangwulan

Abstract


Sumber daya manusia merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam sebuah pelayanan di rumah sakit, maka sudah selayaknya rumah sakit melakukan suatu mekanisme pemeliharaan sumber daya manusia dengan memperhatikan kepuasan kerja karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan bagian Non Medis di Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo. Namun, tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo Tahun 2020 Rata-rata sebesar 63% belum mencapai target atau belum sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Permenkes sebesar 100%. Penelitian ini menggunakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner dengan 5 skala penilaian (likert). Penelitian ini mencoba menilai pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu rancangan bangun cross sectional study. Populasi yang dijadikan sumber daya dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sampel penelitian yaitu karyawan dibagian non medis sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja memiliki korelasi yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian dari 5 dimensi kepuasan kerja yaitu faktor: pekerjaan itu sendiri, gaji, supervisi, rekan kerja dan promosi. Pada faktor gaji dan promosi menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo. Kata Kunci: Kepuasan kerja; Kinerja karyawan


Keywords


Kepuasan Kerja; Kinerja Karyawan; Job Satisfaction; Employees’ Performance

Full Text:

PDF

References


Wulandari P. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organisazional Citizenship Behaviour Perawat Rumah Sakit Islam Yogyakarta. 2015.

Prawironegoro, D. & Utari D. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21. Jakarta: Mitra Wacana Media; 2016.

Meithiana I. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka; 2017.

Wibowo A. Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2014.

Rahayu LA. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Karyawan Honorer pada Rumah Sakit Tingkat IV Madiun 2017. STIKES BHAKTI HUSADA MULIA; 2017.

Artadi FF. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Merapi Agung Lestari. J Econ. 2015;6(1):37.

Jariyati I. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bakti Sumekar Kabupaten Sumenep. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2016.

Ricardianto P. Human Capital Management. Bogor: In Media; 2018.

Darmawan D. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Pena Semesta, editor. Surabaya; 2013.

Rahmawati Y. Pengaruh Kepuasan KerjaTerhadap Peningakatan Produktifitas Karyawan di Puskesmas Gantrung Kecamatan Kebonsari Madiun 2016. 2016.

Mardiana, Inge, Aida Vitayala S. Hubeis and NKP. Hubungan kepuasan kerja dengan turnover intentions pada perawat Rumah Sakit Dhuafa. J Manaj Pengemb Ind Kecil Menengah. 2014;9(2):130.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(1).30-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats