Case Study Report: Tingkat Pengetahuan Dokumentasi Asuhan Keperawatan terhadap Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Aini Inayati, Sriyati Sriyati

Abstract


Dokumentasi keperawatan sangat penting bagi tenaga keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan karena pelayanan keperawatan yang diberikan kepada klien membutuhkan pencatatan dan pelaporan yang dapat digunakan sebagai tanggung jawab dan tanggung gugat dari berbagai kemungkinan masalah yang di alami klien. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional, sampel dalam penelitian ini berjumlah 113 reponden. Analisa data menggunakan Cross table. Hasil dari 113 responden didapatkan tingkat pengetahuan perawat tentang dokumentasi keperawatan baik sebanyak 42 responden (37,3%), Cukup sebanyak 41 (36,2%), dan kurang sebnayak 30 (26,5). Sedangkan hasil analisa berdasarkan pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan lengkap sebanyak 60 responden (53,0%), dan tidak lengkap 53 (47%). Analisa cross tab didapatkan pengetahuan tentang dokumentasi keperawatan baik dengan pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan lengkap sebanyak 20 (17,6%) responden, lebih baik daripada tingkat pengatahuan tentang dokumentasi keperawatan kurang dengan pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan tidak lengkap sebanyak 12 (10,6%) responden. Kesimpulannya pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan sebagian besar dalam kategori lengkap dan ada hubungan antara tingkat penegtahuan perawat pada pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan secara lengkap dan akurat, sehingga dapat meningkatkan kualitas asuhan dan kontinuitas pelaynan keperawatan.

Kata Kunci: Dokumentasi Asuhan Keperawatan; Pengetahuan


Keywords


Dokumentasi Asuhan Keperawatan; Pengetahuan; Dokumentasi Asuhan Keperawatan; Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Patricia A. Potter & Perry, Anne G. Buku Ajar Fundamental Keperawatan (konsep, proses, dan praktik). Jakarta: EGC. 2011.

Indonesia, D. K. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. 2013.

Nursalam. Konsep dan penerapan metodologi penelitian keperawatan. Jakarta. 2008.

Ali, Z. Pengantar Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC. 2009.

Handayaningsih, Isti. Dokumentasi Keperawatan “DAR” panduan, konsep dan aplikasi. Jogjakarta: MITRA CENDIA Press. 2007.

Martini. Hubungan Karakteristik Perawat, Sikap, Beban Kerja, Supervisi dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Rawat Inap BPRSUD Salatiga. Thesis FKM-UNDIP. 2007.

Pramujiwati, D., Keliat, B. A., & Wardani, I. Y. Pemberdayaan Keluarga Dan Kader Kesehatan Jiwa Dalam Penanganan Pasien Harga Diri Rendah Kronik Dengan Pendekatan Model Precede L. Green Di Rw 06, 07 Dan 10 Tanah Baru Bogor Utara. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(2). 2013.

Kurniawandari, E., & Fatimah, F. S. Implementation of Documentation of Nursing Care in Wates Hospital. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 6(2), 68-75. 2019.

Kimalaha, N., Mahfud, M., & Anggraini, A. N. Pengetahuan dan Beban Kerja Perawat Berhubungan Dengan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Bangsal Penyakit Dalam dan Bedah. Indonesian Journal of Hospital Administration, 1(2), 79-88. 2019.

Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta. 2003.

Fishback, L. J. Pathology, Philadelphia: Elsevier Mosby, p 217 – 220. 2002.

Nursalam. Pendekatan praktis metodologi Riset Keperawatan. Jakarta. Info Medika. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2020.3(1).1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats