Hubungan Pemberian Informasi pada Pasien Rawat Inap dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien di Unit Admisi RSUP DR. Sardjito Yogyakarta

Maryono Maryono, Imram Radne Rimba Putri, Aini Inayati

Abstract


Proses admisi merupakan pintu utama dalam mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Informasi pasien diberikan mulai dari pasien baru reservasi rawat inap hingga pasien pulang. Informasi-informasi mengenai layanan rawat inap sangat dibutuhkan oleh pasien dan keluarga. Informasi tersebut akan meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarga dalam tatacara rawat inap. Sikap dan komunikasi yang jelas dari pemberi informasi akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan. Pemantauan terhadap tingkat kepuasan pasien tentunya menjadi target rumah sakit untuk selalu berkembang dan dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya. Proses admisi merupakan pintu utama dalam mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Informasi pasien diberikan mulai dari pasien baru reservasi rawat inap hingga pasien pulang. Informasi-informasi mengenai layanan rawat inap sangat dibutuhkan oleh pasien dan keluarga. Informasi tersebut akan meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarga dalam tata cara rawat inap. Sikap dan komunikasi yang jelas dari pemberi informasi akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan. Pemantauan terhadap tingkat kepuasan pasien tentunya menjadi target rumah sakit untuk selalu berkembang dan dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya. Sehingga diperlukan penilaian kepuasan pasien terhadap pemberian informasi pada pasien rawat inap di Unit Admisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian informasi pada pasien rawat inap dengan kepuasan mutu pelayanan pasien di Unit Admisi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel dengan purposive sampling dan melibatkan 96 responden. Pengumpulan data menggunakan checklist kesesuaian pemberian informasi dan kuesioner kepuasan pasien. Data dianalisis menggunakan uji statistik Spearman Rho. Hasil dari uji Spearman Rho didapatkan pemberian informasi awal kepada pasien rawat inap yang sesuai SOP yaitu 60,4%, kurang sesuai SOP 39,6%, kepuasan mutu pelayanan pasien sangat puas 36,5%, puas 47,9%, tidak puas 15,6% dengan p value < 0,05, sehingga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan pada pemberian informasi pasien rawat inap dengan kepuasan mutu pelayanan pasien di unit admisi, dimana p value = 0,021. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian informasi pada pasien rawat inap dengan kepuasan mutu pelayanan pasien di Unit Admisi.

Kata Kunci: Pemberian Informasi; Rawat Inap; Admisi; Kepuasan Pasien


Keywords


pemberian informasi; rawat inap; admisi; kepuasan pasien; providing information; inpatient; admission; patient satisfaction

Full Text:

PDF

References


Legesse M, T S. Adult Patient Satisfaction with In-patient Nursing Care in a Referral and Teaching Hospital in Southern Nations Nationalities and Peoples’ Region (SNNPR), Ethiopia. J Nurs Care. 2016;5(334).

Hussain A, Asif M, Jameel A, Hwang J. Measuring OPD Patient

Satisfaction with Different Service Delivery Aspects at Public Hospitals in Pakistan. Int J Environ Res Public Health. 2019.

Handy K, Paynton S. The Admission and Discharge Nurse Role: A

Quality Initiative To Optimize Unit Utilization, Patient Satisfaction, And

Nurse Perceptions Of Collaboration. Online J Issues Nurs. 2016.

Informasi Kepuasan RSUP Sardjito. 2018.

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika; 2013.

Maroof B, Tasneem SS, Jabeen R, Taskeen R. The Assessment of Patient’s Satisfaction and Opinions of their Experience during Admission in the Tertiary Care Hospital. Int J Acad Res Bus Soc Sci. 2019;9(5):555–77.

Sreenivas T, Babu NS. A Study on Patient Satisfaction in Hospital (A Study on Three Urban Hospitals in Guntur District, Andhra Pradesh) T. Int J Manag Res Bus Strateg. 2012; Vol.1 No.1:100–18.

Akhtari-Zavare M, Yunus Abdullah M, Syed Hassan ST, Binti Said S, Kamali M. Cancer Patients’ Satisfaction With Communication and

Information Given By Nurses At Teaching Hospitals of Tehran, Iran. Med J Islam Repub Iran. 2011;24(4):212–20.

BPS DIY. Statistik Ketenagakerjaan Daerah Istimewa Yogyakarta 2017- 2018. Badan Pus Stat DI Yogyakarta [Internet]. 2018; xii + 50 halaman. Available from: yogyakarta.bps.go.id

Profil RSUP Dr. Sardjito [Internet]. Yogyakarta; 2015 [cited 2020 Jan 24]. Available from: https://sardjito.co.id/profil/sejarah/

Kementerian Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.02.02/Menkes/390/2014 tentang Pedoman Penetapan Rumah Sakit Rujukan Nasional. 2014;1–6

Mandagi FM, Umboh JML, Rattu 3Joy A. M. Analisis Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Bethesda GMIM Tomohon. J eBiomedik. 2015;3(3):884–94.

Puspitasari NW, Kusumawati FT, Atmanto AP, Zuhri M, Diel MM,

Elmonita Y, et al. Supervisi Klinik Dalam Pelayanan Keperawatan Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Perawat Di Rumah Sakit. J perawat Indones. 2018;2(2):51–61.

Putri, Imram Radne Rimba, and Elsye Maria Rosa. Analisis Motivasi Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia 3.2 (2015): 82-90.

Puspitasari NW, Kusumawati FT, Atmanto AP, Zuhri M, Diel MM,

Elmonita Y, et al. Supervisi Klinik Dalam Pelayanan Keperawatan Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Perawat Di Rumah Sakit. J perawat Indones. 2018;2(2):51–61.

Natasia N, Loekqijana A, Kurniawati J. Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan SOP Asuhan Keperawatan di ICU-ICCU RSUD Gambiran Kota Kediri. J Kedokt Brawijaya. 2014;28(1):21–5.

Putri, Imram Radne Rimba. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Indonesian Journal of Hospital Administration 1.2 (2019): 63-69.

Stefani M. Hubungan pelaksanaan Discharge Planning dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas II dan III RSUD Prof. Dr. W. Z Johannes Kupang. Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Waluyo G. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rsud Kota Madiun. Program Studi Magister Kedokteran keluarga Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2020.3(1).27-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats