Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa kesehatan dan Lingkungan Eksternal Individu terhadap Citra Rumah Sakit Paru Dr.H.A. Rotinsulu

Ence Ihlasuyandi

Abstract


Persaingan antar Rumah Sakit terus berkembang seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi baik regional maupun internasional. Paru Dr.H.A.Rotinsulu merupakan Rumah Sakit khusus pelayanan kesehatan penyakit paru perlu meningkatkan citra rumah sakit dalam persepsi pelanggan sebagai wakil dari masyarakat. Untuk meningkatkan citra tidak terlepas dari pengelolaan rumah sakit melalui program bauran pemasaran yang telah dilaksanakan dan pengaruh lingkungan eksternal individu pasien yang merupakan bagian terdalam (inti) dari perilaku pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tanggapan pasien terhadap kinerja bauran pemasaran dan citra RS.Paru Dr.H.A. Rotinsulu serta pengaruh lingkungan eksternal individu pasien terhadap keberadaan/eksistensi RS. Paru Dr.H.A. Rotinsulu. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian  survey  dengan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Adapun teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner dan studi pustaka sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah berbentuk grafik dan analisis jalur ( Path Analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kinerja bauran pemasaran dan citra RS. Paru Dr.H.A. Rotinsulu dirasakan oleh pelanggan baik, tetapi ada dua kinerja bauran pemasaran yang dirasakan kurang  yaitu lokasi dan promosi. Lingkungan eksternal individu mempunyai pengaruh kuat terhadap pertimbangan menggunakan pelayanan di RS. Paru Dr.H.A. Rotinsulu. Secara bersama-sama kinerja bauran.

 

Kata Kunci: bauran pemasaran jasa, citra rumah sakit


Keywords


bauran pemasaran jasa; citra rumah sakit; mixed marketing performance; individual external environment

Full Text:

PDF

References


Peraturam menteri kesehatan nomor:250/MENKES/Per/III/2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Paru Dr.H.A. Rotinsulu

Aaker, David A. Building Strong Brand. Newyork:Library of congres cataloging in publication data, 1996:7-109.

Anwar Prabu Mangkunegara. Perilaku Konsumen. Bandung:PT Eresco, 1998:3,46-47.

Burnet, John J. Promotion Strategic. 3 rd ed. New Jersey:Prentice Hall, A Division of Simon and Scusters, 1993:6

Berry, Leonard L, Parasuraman A. Marketing Service. New York: Macmilan inc, 1998:28

Engel James F, Blacwell R D, Minicard P.W. Perilaku Konsumen. Jakarta:Binarupa Aksara, 1997:18-194.

Erick N. Berkowitz. Essentials of Health Care Marketing. London:Jones and Bartlett Publishers International, 2004:4

Lovelock Christopher, Wrigh Lauren. Prinsiples Service Marketing and Management. 2 nd ed. New Jersey:Pearson Education, 2002.

Hasbullah Thabrany. Rumah Sakit BUMN melanggar konstitusi. MARSI 2003;4:155.

Husen Umar. Riset Pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama, 2000:50

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015 Tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan 2015-2019

Payne,Andriane. The Essence of Service Marketing. United Kingdom:Prernticce Hall inc, 1993:154-129.

Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Nasional

Phillip Kotler, Amstrong, Gary. Priciple of Marketing. 5 th ed. New Jersey:Prentice Hall, 2000:47

Philip Kotler. Marketing Management. 11 th ed. New Jersey:Prentice Hall, 2003:135-303.

Phillip Kotler. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jakarta:PT Indeks, 2005:418-451.

Rejeki S, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, Journal of Human Resources Management and Organizational Behavior Vol. 1 No. 2 ISSN 1979-2700. 2016.

Roland T Rust, A J Zahorik, T L Keiningham. Service Marketing. New York: Harper Collins College, 1996:10-11.

Soejadi. Efisiensi Pengelolaan Rumah Sakit. Edisi 2. Jakarta:Katiga Bina, 1985.

Shiffman, Leon G, Leslie Lazar Kanuk. Consumer Behaviour. 6 th ed. New Jersey:Prentice Hall, 1997:10,323-440.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2019.2(2).57-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats