Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional Pemasangan Gelang Identitas Pasien Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Penerimaan Pasien Rawat Inap

Mahfud Mahfud

Abstract


Salah satu Identifikasi pasien, yaitu dengan pemberian gelang identitas dilakukan sejak pasien masuk rumah sakit. Identifikasi pasien secara pasti harus dilakukan supaya terhindar dari kesalahan yang berakibat fatal bagi keselamatan pasien. Untuk mengetahui hubungan pelaksanaan standar prosedur operasional pemasangan gelang identitas pasien dengan kepuasan pasien di ruang penerimaan pasien rawat inap. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan data menggunakan accidental sampling dengan responden sebanyak 75 orang. Uji statistik yang digunakan adalah Kendal tau. Hasil penelitian ini menunjukkan responden dengan sebagian besar pelaksanaan SPO pemasangan gelang identitas pasien di ruang PPRI berada dalam kategori baik yaitu sebanyak 32 orang (42,7%) serta kepuasan pasien sebagian besar kategori puas yaitu sebanyak 42 orang (56,0%). Hasil analisa bivariat pada uji statistik dengan menggunakan kendal tau menunjukkan nilai p-value sebesar p=0,000 dan nilai korelasi sebesar r=0,386. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan SPO pemasangan gelang identitas pasien dengan kepuasan pasien.

 

Kata Kunci: kepuasan pasien, keselamatan pasien, identifikasi pasien


Keywords


Lama Kerja; Kepatuhan Perawat; SOP Triage; nurse compliance; standard operational procedures of triage

Full Text:

PDF

References


Pohan, Imbalo S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sondakh, J, J, S, dkk. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika; 2013

YLKI, 2011. Mengadukan layanan kesehatan, Tersedia dalam http://ylki.or.id/2011/09/mengadukan- layanan-kesehatan. [Diakses pada 19 Mei 2017].

Joint Commision International Standar. Standar Akreditasi Rumah Sakit.Jakarta: PT Gramedia; 2011

PMK No 1691/MENKES/PER/VIII/2011. tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Tersedia dalam: www.hukor.depkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No._11_ttgKeselamatan_Pasien_pdf [Diakses pada 27 April 2017]. Metting The International Patient Safety Goals; 2012

Esti Maria. Hubungan Pelayanan Hemodialisa Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Yang Menjalani Hemodialisa di Rumah Sakit Umum Daerah Wates Yogyakarta: STIKES A Yani ; 2013.

Prasetyo Anton . Hubungan Patient Safety Dengan Kepuasan Pelanggan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Grhasia Pemda DIY. Yogyakarta: 2013.

Umaternate Thisna Sari . Hubungan Pelaksanaan Identifikasi Pasien Secara Benar Dengan Kepuasan Pelanggan Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Prof. DR.R.D.Kandou Manado. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Keperawatan; 2015.

Misi Siti. Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Bangsal Pringgodani RS Rajawali Citra Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Alma Ata; 2015

Adekayanti Lis. Hubungan Pemberian Informasi Obat Oral dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Bakung RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta: Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Alma Ata; 2016.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Panduan Penyusunan Dokumen Akreditasi; 2012

Indah Puji H. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogjakarta : Laksana.2014: 30-35

Kemenkes R.I. Standar Akreditasi Rumah Sakit, Kerjasama Direktorat jendralBina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).Jakarta; 2011

Permenkes R.I. No 11 Tahun 2017.Keselamatan Pasien. Tersedia dalam:www.hukor.depkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No._11_ttg-Keselamatan_Pasien_pdf. [Diakses pada tanggal 27 April 2017].

World Health Organization.WHO Collaborating Centre for Pasien Safety

Solutions, Patient Identification. Dalam: Patient Safety Solutions. Vol 1.Solution 2, WHO;2007

Buku Saku Akreditasi RSUD Wates; 2016.

Bustami. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga. 2011.

Sari W. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press. 2008.

Hidayat, A Alimul. Metodelogi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika. 2017.

Machfoeds Ircham. Metodologi Penelitian (Kualitatif & Kuantitatif), Cetakan 11, Yogyakarta: Fitramaya. 2016.

Sugiyono. 2011. Statitiska Untuk Penelitian. Bandung: CP Alfabeta

Notoatmodjo Soekidjo. Metodologi PenelitianKesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. 2010.

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rhineka Cipta. 2013.

Hidayat, A Alimul. Metodelogi Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika. 2007.

Fatimah F, Kaidati M, BI Y. Relationship Characteristics of Respondents between Implementation of Patient Safety at Clinic Pratama Kasihan Bantul Yogyakarta 2017. InTHE Ist International Conference on Health Alma Ata University 2018 2018 (p. 159).

Riwidikdo H. Statitistik Untuk Penelitian Kesehatan dengan Aplikasi Program R dan SPPSS. Yogyakarta: Pustaka Rihama. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2019.2(1).31-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats