Kepuasan Layanan Informasi Obat Di Pasir Putih, Pangkalbalam, Puskesmas Taman Sari dan Kacang Pedang Kota Pangkalpinang

Rachmawati Felani Djuria

Abstract


Salah satu layanan farmasi yang harus dilaksanakan adalah Layanan Informasi Obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan Layanan Informasi Obat farmasi masih belum dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian tentang kepuasan implementasi Layanan Informasi Obat di Puskesmas Kota Pangkalpinang untuk meningkatkan kualitas layanan farmasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain observasional. Penelitian ini dilakukan di Pusat Kesehatan Pasir Putih, PangkalBalam, Taman Sari dan Kacang Pedang Kota Pangkalpinang pada bulan Maret-Desember 2018. Penelitian ini menggunakan 120 pasien (masing-masing 30 puskesmas) dengan teknik pengambilan sampel tidak disengaja dan dianalisis secara bivariat menggunakan uji t dependen. Hasil penelitian menunjukkan kualitas penerapan Layanan Informasi Obat di semua dimensi adalah
baik, terdapat perbedaan signifikan dalam penerapan Layanan Informasi Obat dimensi nyata (nilai p 0,045), ressponsiveness (nilai p 0,000), dan empati (nilai p 0,014), semua responden cukup puas dengan implementasi Layanan Informasi Obat di semua dimensi dan ada perbedaan signifikan dalam kepuasan responden dengan implementasi Layanan Informasi Obat dari dimensi tangible (p value 0,045), dan empati (p value 0,014).

Kata kunci: Layanan Informasi Obat, Puskesmas Kota Pangkalpinang


Keywords


Layanan Informasi Obat; Puskesmas Kota Pangkalpinang; Drug Information Services; Pangkalpinang City Health Center;

Full Text:

PDF

References


Anonim. Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa. Artikel. (http://indosdm.com/training-of-trainer-karakteristik-pendidikan-orang-dewasa). 2018.

Bayhaqi. Y. Journal Of Diponegoro University Pengaruh Kualitas Layanan, Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Management Anlysis. Ponegoro. 2006.

Defika. Evaluasi Kualitas Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Gerunggang Kota Pangkalpinang Tahun 2015. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2015.

Djuria, R.F. Assessment Pelayanan Informasi Obat Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Oleh Petugas Penyerah Obat di Puskesmas-Puskesmas Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 2010.

Djuria, R.F. Model Pengendalian Mutu Pelayanan Farmasi Klinik di Rumah Sakit Bakti Timah Kota Pangkalpinang Tahun 2017. Laporan Penelitian. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2017.

James. Managing Quality Customer Service. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta. 2006.

Julianto. H. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Afanajeme.Jakarta. 2000.

Julimansyah. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Koba Bangka Tengah. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2015.

Kemenkes RI. Permenkes No. 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 2016.

Kemenkes RI. Permenkes No. 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.216

Leksmana, Y. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Testil Menggunakan Metode SerQual. Malang. 2006.

Mafudz. (2009). Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit. Bangka Pos. 23 Mei 2009.

Permadi, R. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Membalong Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung Tahun 2013. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2013.

Putri, S.R. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Obat di Depo Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Kota Pangkalpinang Tahun 2014. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2014.

Safitri, Y. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah Tahun 2013. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2013.

Saputri, D., Rachmawati, F.D., dan Zenderi, W. (2014). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jlaan Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Tengah Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Poltekkes Pangkalpinang, Vol.2 No.2 Oktober 2014. Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2014.

Septashary, A. (2014). Evaluasi Kualitas Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Puskesmas Sungailiat Kabupaten Bangka Tahun 2014. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang.2014.

Trisnawati. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Petaling Kabupaten Bangka Periode Januari- Juni Tahun 2016. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Pangkalpinang. 2016.

Wijayanti, A. Journal of diponegoro university Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Management Analysis, Ponegoro. 2008.

Yofa RD. Analisis Proses Keputusan dan Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Susu Sehat (Kasus Konsumen Mahasiswa Strata SatuInstitut Pertanian Bogor). Skripsi. Bogor Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Bogor. 2010.

Yuniarta, E, dan Suharto, G. Hubungan Tingkat Pendidikan Pasien Terhadap Kepuasan Pemberian Informed Consent di Bagian Bedah RSUP DR. Kariadi Semarang (Mei-Juni 2011). Artikel Karya Tulis Ilmiah. Universitas Diponegoro. Semarang. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2019.2(1).21-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats