Model Praktik Baik Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kemampuan Dasar Guru pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar

Endi Rochaendi, Saepul Ma'mun

Abstract


 

In carrying out their main duties and functions, school principals still receive critical issues from various circles in the educational ecosystem because they have yet to fully contribute optimally to increasing teacher professionalism. The literature review research aims to identify and analyze several models of good practice implemented by school principals in developing the basic abilities of teachers in elementary school education units. The research findings state that the school principal's good practice model consists of two activities/actions: the Principal as a learning leader and the Principal acting as the creator of the learning environment. The key role of the Principal as a learning leader consists of a servant, role model, expert and instructional leader. Meanwhile, the Principal as the creator of the learning environment is related to his role as a communicator, supporter and manager. These good practices can create a professional, vital teacher profile and construction consisting of passion, vigour, facility, and satisfaction to achieve more productive and competitive learning goals in the educational unit.

 

Keywords: good practice; principal’s; basic teacher abilities


Full Text:

PDF1

References


Rochaendi E. Kompetensi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pengawas Sekolah. In: Tambunan TS, editor. Supervisi Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia; 2020. p. 151–74.

Cahyono Y, Priyadi J, Basuki T. Kepemimpinan Perubahan. Sary IR, Samsuri, Syarifuddin, editors. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan; 2019.

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. Panduan Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2017.

Rusmawati, Suryana E, Harapan E. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Banyuasin. Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2020;2(1):75–92.

Yuliani T, Kristiawan M. Peran Kepemimpinban Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. 2016;1(2):122–32.

Maemunah, Maryani S, Sakban A, Syaharuddin, Herianto A, Setiawan I. Pendidikan dan Latihan Penguatan Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah Di Kota Mataram. Journal of Character Education Society. 2020;3(1):1–7.

Safitri A, Yusiyaka RA. Pengelolaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Sekolah (Studi Kepala Sekolah SDN Di Kabupaten Sukabumi). Jurnal Obor Penmas. 2020;3(1):203–13.

Mukhtar. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala. 2015;3(3):103–17.

Pujianto, Arafat Y, Setiawan AA. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research. 2020;1(2):106–13.

Das StWH, Halik A. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dan Relasinya terhadap Profesionalisme Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia; 2021.

Hartawati ER, Ma’mun S, Rochaendi E. Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Kegiatan Supervisi Kelas dalam Proses Pembelajaran pada SatuanPendidikan SMP. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 2023;8(3):754–62.

Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang dan Perbukuan Kemdikbudristek. Penguatan Regulasi Untuk Mendorong Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Jabatan Secara Berkelanjutan. Risalah Kebijakan. 2021;15.

Sisdiana E, Noor IH, Sofyatiningrum E, Martini AID, Sudarmaji A. Penguatan Kompetensi Guru. Mengimplementasikan Kurikulum melalui KKG-MGMP Jenjang Dikdas. Subijanto, Wirda Y, Listiawati N, editors. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2018.

Utomo SAW. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta). Jurnal Educan. 2017;1(1):111–27.

Asmui, Sudirman, Sridana. Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2019;4(1):61–6.

Yuliawati, Enas. Implementasi Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. IJEMAR: Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. 2018;2(2):318–24.

Rasidi, Istiningsih G, Purwandari S. Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Instructional Leadership SD Negeri Berpotensi Bencana di Kabupaten Magelang. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD. 2017;1(1):46–56.

Amiruddin. Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Dayah: Journal of Islamic Education. 2018;1:182–204.

Wasono MPJ. Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Terhadap Pengembangan Karir Guru SMP Negeri. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2019;2(2):90–107.

Asmarani N. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar. Bahana Manajemen Pendidikan. 2014;2(1):503–12.

Sennen E. Problematika Kompetensi dan Profesional Guru. In: Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017 . Jurnal Pedagogika ; 2017. p. 16–21.

Dawson G, Adhi Wibawa GN, Tarunasayoga T, Rimbatmaja R. Studi Dasar tentang Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah dan Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: Program Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidkian (ACDP); 2013.

Ditjen GTK Kemendikbudristek Republik Indonesia. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2020-2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Republik Indonesia; 2020.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id. 2022. Rapor Pendidikan.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. 10th ed. Bandung: Alfabeta; 2014.

Marzali A. Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia. 2016;1(2):27–36.

Adlini MN, Dinda AH, Yulinda S, Chotimah O, Merliyana SJ. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 2022;6(1):973–80.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia; 2020.

Pratama P, Syahril I, Chodidjah I, Tirtowalujo I, Muhamad BS, Tim Peneliti Program TASS. Naskah Akademik Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah. Jakarta; 2020.

Ulya W. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 2019;8(2):1–7.

Mestry R, Singh P. Continuing professional development for principals: a South African perspective. S Afr J Educ. 2007;27(3):477–90.

Clark D, Martorell P, Rockoff J. School Principals and School Performance. Washington, D.C.; 2009 Dec. Report No.: 38.

Naidoo B, Perumal J. Female principals leading at disadvantaged schools in Johannesburg, South Africa. Educational Management Administration & Leadership. 2014 Oct 3;1–17.

Nasreen A, Odhiambo G. The Continuous Professional Development of School Principals: Current Practices in Pakistan. Bulletin of Education and Research. 2018;40(1):245–66.

Mathibe I. The professional development of school principals. S Afr J Educ. 2007;27(3):523–40.

Farah AI. School Management: Characteristics of Effective Principal. Global Journal Of Humam Social Science Linguistics & Education. 2013;13(13):13–6.

Sulistiyani. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2019.

Yohamir, Rimy Y, Artharina FP. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016. 1st ed. Purwanti YD, editor. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan; 2016.

Snae YDI, Budiati AC, Heriati T. Supervisi Akademik Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016. 1st ed. Satori J, editor. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan; 2016.

Utomo, Marhayuni F, Sisar S. Suplemen Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Pengembangan Sekolah Berdasarkan 8 SNP. Sulistiyowati LF, Satori D, Sary IR, editors. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan; 2019.

Dimmock C, O’Donoghue T. Innovative School Principals and Restructuring. London: Routledge; 1997.

Rowland C. Principal Professional Development New Opportunities for a Renewed State Focus. Washington, DC: American Institutes for Research; 2017.

Bredeson P V., Johanson O. The School Principal’s Role in Teacher Professional Development. Journal of In-Service Education. 2000;26(2):385–401.

Sulistiono AA, Subijanto, Jakaria Y, Perdana NS, Siswantari, Sory A, et al. Pengelolaan Tenaga Kependidikan: Profesi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Subijanto, Jakaria Y, editors. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud; 2017.

Rochaendi E, Wahyudi A, Arifin AS, Salim A. Penerapan Model Kirkpatrick Dalam Mengevaluasi Pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Melalui Daring Dari Perspektif Pengajar. Literasi. 2021;XII(2):59–76.

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia. Modul Kepemimpinan Buat Kepala Sekolah/Madrasah. Memimpin Secara Transparan dan Akuntabel. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional, dan Departemen Agama dengan USAID; 2009.

Rakhmah W DN, Noor IH, Hermawan IKD, Zamjani I. Model Penguatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Mahdiansyah, Winingsih LH, Wirda Y, editors. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2024.3(1).1-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat