Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah: Pembiasaan Kegiatan Keagamaan

Fildza Malahati, Nur Hidayat, Nurul Huda, Putri Jannati, Lusi Oktavia, Afifah Rizki

Abstract


Pembentukan karakter merupakan hal yang harus diperhatikan sejak dini. Terbentuknya karakter peserta didik yang baik tentunya dipengaruhi oleh pembiasaan-pembiasaan yang baik juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang bagaimana pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, Yogyakarta. Fokus penelitian membahas tentang pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah data tentang pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi.  Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara snowball sampling, sehingga didapati 2 orang guru dan 5 peserta didik sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, Yogyakarta menerapkan kegiatan kegamaan seperti mengajarkan salat wajib tepat waktu, mengajarkan salat dhuha, mengajarkan untuk membaca Al-Qur’an sebelum kegiatan proses belajar mengajar dimulai. Tidak hanya itu, di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, Yogyakarta juga memiliki program unggulan yaitu tahfidz yang mana peserta didik diharapkan mampu menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an serta mengamalkanya. Pembiasaan-pembiasaan melalui aktivitas keagamaan tersebut tentunya memiliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung kegiatan tersebut adalah guru itu sendiri sebagai suri tauladan untuk peserta didiknya. Peserta didik yang memiliki ahlak yang baik tentunya sedikit banyaknya dipengaruhi oleh didikan gurunya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial peserta didik itu sendiri diluar lingkungan sekolah.  Diadakanya aktivitas keagamaan tersebut diharapkan dapat memberikan efek yang baik dalam membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik.

 

Kata kunci: Pembentukan Karakter, Aktivitas Keagamaan, Madrasah Ibtidaiyah


Full Text:

PDF

References


Fahmi MN, Susanto S. Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagog J Pendidik. 2018 Aug 31;7(2):85–9.

Hendayani M. Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. J Penelit Pendidik Islam. 2019 Nov 3;7(2):183.

Asyari D, Dewi DA. Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. J Pendidik Dan Konseling JPDK. 2021 Jun 23;3(2):30–41.

Setyawati Y, Septiani Q, Ningrum RA, Hidayah R. Imbas Negatif Globalisasi terhadap Pendidikan di Indonesia. J Kewarganegaraan. 2021 Dec 2;5(2):306–15.

Lubis D, Siregar HS. Bahaya Radikalisme terhadap Moralitas Remaja melalui Teknologi Informasi (Media Sosial). Apl J Apl Ilmu-Ilmu Agama. 2020;20(1):21–34.

Fitri A. Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits. TALIM J Studi Pendidik Islam. 2018 Jul 30;1(2):258–87.

Silahuddin S. Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya J Pendidik Anak. 2017 Aug 23;3(2):18.

Haerullah H, Elihami E. Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. J Edukasi Nonform. 2020;1(1).

Efendi R, Ningsih AR. Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media; 2020.

Kurniawan S. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru; 2017.

Rosad R. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Managemen Sekolah. Tarbawi J Keilmuan Manaj Pendidik. 2019;5(2).

Ramdhani T, Nandiyanto ABD. The Use of Whatsapp Social Media as Reinforcement Online Learning during the COVID-19 Pandemic. Indones J Multidiciplinary Res. 2021 Apr 20;1(1):107–12.

Sholihin M. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. 2019;1(2).

Afandi MA. Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Konsep dan Implementasinya dalam Proses Belajar Mengajar. Perspektive. 2018;11(1).

Anatasya E, Dewi DA. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. J Pendidik Kewarganegaraan Undiksha. 2021;9(2).

Ningsih T. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press; 2015.

Salam SA, Dhuhani EM, Manilet S. Kompetisi Kepribadian Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Melati Kecamatan Waesala Kabupaten Seram Bagian Barat. Kuttab J Ilm Mhs. 2021 Sep 13;2(1):18.

Rohim A. Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Al-Ashr J Pendidik Dan Pembelajaran Dasar. 2020;5(2).

Syaroh LDM, Mizani ZM. Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indones J Islam Educ Stud IJIES. 2020 Aug 15;3(1):63–82.

Sudarsana IK, Kusumawati NA, Muliani NM, Yoga Purandina IP. Covid-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis; 2020.

Erviana VY. Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. J Penelit Ilmu Pendidik. 2021;14(1):1–9.

Mulyasa E. Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara; 2011.

Gunawan I. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2013.

Maleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya; 2021.

Ulfatin N. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative; 2015.

Etikan I. Comparision of Snowball Sampling and Sequential Sampling Technique. Biom Biostat Int J [Internet]. 2016 Jan 2 [cited 2023 Jan 3];3(1). Available from: https://medcraveonline.com/BBIJ/comparision-of-snowball-sampling-and-sequential-sampling-technique.html

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif,kualitatif,kombinasi R&D dan pendidikan. Bandung; 2021. 908 p.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung: Alfabeta; 2012. p. hlm 55.

Martono M. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Sampel Halaman Gratis). Bandung: RajaGrafindo Persada; 2020.

Wawancara Guru Agama. 2022.

Ridwan M, Umar MH, Ghafar A. Sumber-Sumber Hukum Islam dan Impementasinya (Kajian Deskriptif Kualitatif Tentang Al-Qur’an, Sunnah, dan Ijma’). J Islam Stud. 2021;1(2).

Aziz JA. Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi. Gold Age J Ilm Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 2017 Mar 31;2(1):1–15.

Triana R. Internalisasi Jihad dalam Pendidikan Karakter. Edukasi Islami J Pendidik Islam. 2018 Apr 16;7(01):101.

Sugiarto T. Pengaruh Lingkungan, Media Massa dan Masyarakat sebagai Penyebab Anak-Anak Melakukan Tindakan Kriminal. J Ilm Fak Huk. 2019;7(2).

Suhardjo S. Hubungan Antara Pengetahuan Pelestarian Lingkungan dan Intensi Siswa terhadap Output Sekolah dengan Partisipasi Siswa dalam Kebersihan Lingkungan. PLPB J Pendidik Lingkung Dan Pembang Berkelanjutan. 2016;17(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(2).119-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat