Penerapan Model Problem-Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa Kelas VI Mi Ma’arif Jekeling
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung campuran dengan menggunakan model problem-based learning. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Jekeling. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas VI MI Ma’arif Jekeling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Alur masing-masing siklus PTK yang dilaksanakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes akhir di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan langkah-langkah model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut sesuai dengan nilai rata-rata afektif pada siklus I sebesar 76,73% dan siklus II sebesar 80,77% dan terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,04%. Nilai rata-rata psikomotor siklus I sebesar 69,81% dan siklus II sebesar 75,58% dan terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,77%. Rata–rata nilai kognitif siswa pada siklus I sebesar 67,31, kemudian siklus II meningkat menjadi 76,54, dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,23.
Kata kunci: Problem-Based Learning, Hasil Belajar, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Widyastuti, E., Sahabuddin, E. R., & Latif RA. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Pada SiswaKelas II SD. Pinisi J PGSD. 2022;2(1):115–22.
Shanti, W. N., Sholihah, D.A., & Abdullah AA. Pengaruh Pendekatan Problem Posing dan CTL Terhadap Kemampuan Berpikir dalam Pembelajaran Matematika bagi Siswa SMA. J Karya Pendidik Mat. 2018;5(2):49–57.
Panhuizen, Heuvel, Marja, Wijers & M. Mathematics standards and curricula in the Netherlands. ZDM. 2005;37(4):287–307.
Rafli MF. Dampak Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dalam Matematika: Kajian Literatur. J Pendidik dan Pembelajaran Terpadu. 1AD;1(2019):31–40.
Ruseffendi. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Mengajar Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito; 1991.
Ignacio, N. G., Nieto, L. J. B., & Barona EG. he Affevtive Domain In Mathematics Learning. Int Electron J Math Educ. 2006;1:16–32.
Sriyanto. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Jakarta: Indonesia Cerdas; 2007.
Abdurrahman M. Pendidikan Bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.; 2003.
Hasratuddin. endekatan Matematika Dengan Pendekatan Interaktif. J Pendidik Mat Paradig. 2008;1.
Abdullah, N. I. D. The Effects of Problem Based Learning on Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four Secondary Level. Procedia Soc Behav Sci. 2010;8:370–8.
Sholihah, D. A., Shanti, W. N., & Abdullah AA. Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika. UNION J Pendidik Mat. 2019;7(3):383–9.
Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi H. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. J Online Mhs Bid Kegur dan Ilmu Pendidik. 2018;5(1):1–12.
Fauzi HA. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. J Prim. 2018;7(1):40–7.
Lidnillah DAM. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). J Pendidik Inov UPI Educ.
Fatade, O. A., Mogari, D., Arigbabu AA. Effect Of Problem-Based Learning On Senior Secondary School Student’ Achievements In Further Mathematics. Acta Didact Napocensia. 2013;6(3):27–44.
Padmavathy, R. D., Mareesh K. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. Int Multidiscip e-Journal. 2013;2(1):45–51.
Arikunto S. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2011.
Chan CME. Primary 6 Students’ Attitudes towards Mathematical ProblemSolving in a Problem-Based Learning Setting. Math Educ. 2011;13(1):15–31.
Simamora, R. E., Sidabutar, R. D., & Surya E. Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. Int J Sci Basic Appl Res. 2017;33(2):321–31.
Yuniara, P., & Surya E. Application of Problem Based Learning to Students’ Improving on Mathematics Concept of Ability. Int J Sci Basic Appl Res. 2017;33(3):261–9.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(2).87-94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:
IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0