Perkembangan Kognitif Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MIN 1 Bantul)

Laelatul Badriah, Khamdan Nur Andi

Abstract


Perkembangan kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan kognitif peserta didik. Kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik sangat perlu memperhatikan perkembangan kognitif yang erat kaitanya dengan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. MIN 1 Bantul berupaya untuk menerapkan proses pembelajaran dengan memperhatikan perkembangan peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah persiapan pembelajaran tematik di MIN 1 Bantul memperhatikan standar porses pendidikan, proses pembelajaran yang dengan berpegang pada teori perkembangan kognitif Piaget, proses pembelajaran tematik menggunakan dan memegang teori kognitif. Menurut Piaget proses pembelajaran pada usia 7-12 disebut pada tahap oprasional konkrit. Penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kognitif dapat memberikan dampak pada kemajuan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini dalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru MIN 1 Bantul, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan kognitif peserta didik akan memberikan efek yang baik bagi kemajuan hasil belajar peserta didik, baik proses pembelajaran maupun hasil akhir dari hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini, usia minimal yang distandarkan untuk bisa memulai pendidikan dasar adalah umur 7 tahun, dengan alasan kesiapan secara matang dan kognitif anak dalam menerima materi ajar telah matang.

Kata Kunci: perkembangan kognitif, pembelajaran tematik, Siswa MI

 


Full Text:

PDF

References


Permendikbud No 22 Tahun 2016. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016. In Kemendikbud RI.

Wuryadi. (2013). Kajian Kritis Pengembangan Kurikulum Untuk Menilai Secara Obyektif Kurikulum 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2006).

Purwastuti, L. A. (2017). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada. November. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10743

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014). Kesiapan Guru Sd Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Diy. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2717

Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Olson, B. R. H. & M. H. (2014). Theories of learning (Teori Belajar ) edisi ketujuh. Kencana Prenada Media Group.

Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Dilek, D. (n.d.). Using a Thematic Teaching Approach Based on Pupil’s Skill and Interest in Social Studies Teaching. Faculty of Education Secondary Social Sciences Teacher Training Department, Marmara University, Istambul.

Badriah, L. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Berdasarkan Standar Proses Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MIN 1 Bantul). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(2). https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(2).77-89

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana Prenada Media Group.

Baken Lafe. (2014). The Piaget Theory Of Cognitive Development :An Educational Implications. University of Technology.

Coorale Cook Freeman & Harris J Sokoloff. (1995). Toward a Theory of Thematic Curricula: Constructing New Learning Environments for Teachers & Learners. Journal electronic Eduation Policy Analysis Archives, 3(14), 1–18.

Istiqomah Addiin, Tri Redjeki, dan S. R. D. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) pada materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA 1SMA N 2 karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(4), 13–25.

Sochibin, P Dwijananti, P. M. (2009). Penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin untuk meningkatakan pemahaman dan keterampilan berfikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5, 100–118.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA, 3(1), 26–37.

Widdah, M. El. (2013). Pengelolaan Madrasah (studi Kualitatif tentang manjemn Strategi Ma darsah Aliyah Negri di Kota Jambi). Al-‘Ulum, 2, 70–83.

Mamat SB, D. (2005). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik.

Khaeruddin dan Mahfud Junaedi, dkk. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Konsep dan Implementasinya di Madarsah.

Arifin, A. S., & Sukati, S. (2020). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 150. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).150-158

Ratna Willis Dahar. (1980). Teori - teori Belajar. Rineka Cipta.

Muhammad Khoiruzzadi dan Tiyas Prasetya. (2021). Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky. Jurnal Imiah Madaniyah, 11(1). https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/152

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 207 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kurikulum, (2014).

Mandacahyati. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Pendidikan, 2014.

Olson, B. . H. &. (n.d.). An Introduction To Theories Of Learning (hal. 282). Prentice-Hall International Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).40-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat