Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran

Nanang Gustri Ramdani, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyono, Yayang Alistin Septiyaningrum, Nur Salamatussa'adah, Aida Hayani

Abstract


Pendidikan merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh komponen pendidikan untuk meningkatkan potensi peserta didik dengan berbagai cara. Pendekatan dapat diartikan sebagai sudut pandang terhadap suatu proses pembelajaran yang memiliki beberapa macam, jenis, dan cara implementasi. Strategi pembelajaran adalah seni penggunaan rencana untuk mencapai tujuan pembelajaran terdiri dari metode dan teknik atau prosedur. Dalam strategi terdapat beberapa komponen pembelajaran dan beberapa unsur yang harus dipenuhi. Sedangkan metode merupakan cara untuk mencapai tujuan pendidikan. Metode pembelajaran dapat dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen, resitasi dan karya wisata. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki disetiap metode.

Kata Kunci: Pendidikan, Pendekatan, Strategi, Metode.


Full Text:

PDF

References


Adi Wijayanto P. Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Sugeng Utaya Ach Amirudin. 2017;2(1):99–116.

Arifin MM. Pendekatan Pembelajaran Guru Fiqih dalam Peningkatan Pemahaman Ibadah Siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. J Kependidikan. 2018;13–57.

Auliya Hamidah Haris Poernomo, Nan Rahminawati. Studi Deskriptif Model Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan dalam Mewujudkan Visi Misi Sekolah. Jurnal Riset Pendidik Agama Islam. 2022;19–26.

Afandi M. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS; 2013.

Asrori M. Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah. 2016;6(2):26

Festiawan R. Belajar dan pendekatan pembelajaran. J K. 2020;1–17.

Hasyim M. Strategi Mengajar Perspektif K.H. M. Hasyim Asy’Ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’Allim. Tarbiyatuna J Pendidik Islam. 2015;8(2).

Hayani, Aida. Constrcutive Alignment of Islamic Education Curriculum in Doktoral Program at Sunan Kalijaga Yogyakarta, Al-ISLAH: Jurnal Pendidikan.2022, 14 (4).

Hayani, Aida. Indonesia National Qualification Framework & MBKM Curriculum of PAI doctoral in UIN Sunan Kalijaga, Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education. 2022, 7(1).

Hayani, Aida, dkk. The Indonesian National Qualification Framework & MBKM Curriculum of PAI Doctoral in PTKI, SKIJIER. 2022, 1 (1).

Hayani, Aida. Artifical Intelligence Liarian as Promotion of IAIN Lhokseumawe Library in the Revolutionary Era 4.0. 2021, 2 (2).

Irwan M, Nasution P. Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. J Perpust Dan Inf. 2016;10(01):1–14.

Kasmir K. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. J Pendidik dan Pembelajaran Indones. 2021;1(2):340–50.

Mukhammad Bakhruddin P, Shoffa S, Holisin I, Ginting S, Fitri A, Lestari W, et al. Srategi Belajar Mengajar ( Konsep Dasar dan Implementasinya ). Tawakkal I, editor. Bojonegoro: Agrapana Media; 2021.

Masyitoh D. Amin Abdullah danParadigma Integrasi-Interkoneksi. JSSH (Jurnal Sains Sos dan Humaniora). 2020;4(1):81.

Sulastri S, Safahi L, Susilo S. Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident terhadap Keterampilan Analisis Siswa. Assim Indones J Biol Educ. 2018;1(2):77–81.

Royani M, Muslim B. Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat. EDU-MAT J Pendidik Mat. 2014;2(1):22–8.

Rodliyah S. Hakikat Manusia dan Pendidikan. J Edukasi Kaji Ilmu-Ilmu Manaj dan Kependidikan [Internet]. 2013;5(1):74–88. Available from: http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/edukasi/article/view/238.

Tim Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Pamong Belajar. 1st ed. Tim Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, editor. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai. Depok: Kemendikbud; 2016. 1–63 p.

Rianto M. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Winoto SA, editor. PPPG IPS dan PMP Malang; 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metod Penelit Pendidik (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) [Internet]. 2015;308. Available from: https://drive.google.com/file/d/1BU6wHzKl5i_2en7ggqbQXNU1TsPbNUYm/view

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 203 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003; Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun 2003#:~:text=Dalam UU ini diatur mengenai,bahasa pengantar%3B dan wajib belajar.

Zainiyati HS. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) (z-lib.org).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat