Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran

Nanang Gustri Ramdani, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyono, Yayang Alistin Septiyaningrum, Nur Salamatussa'adah, Aida Hayani

Abstract


Education is a learning activity carried out by the education component to increase the potential of students in various ways. Approach can be interpreted as a point of view on a learning process, has several types and ways of implementation. Learning strategy is the art of using a plan to achieve learning objectives consisting of methods and techniques or procedures. In the strategy there are several learning components and several elements that must be met. While the method is a way to achieve educational goals. Learning methods can be carried out with lectures, discussions, questions and answers, demonstrations, experiments, recitations and field trips. Of course, each method has advantages and disadvantages.


Keyword:  Education, Approach, Strategy, Method.


Full Text:

PDF

References


Adi Wijayanto P. Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Sugeng Utaya Ach Amirudin. 2017;2(1):99–116.

Arifin MM. Pendekatan Pembelajaran Guru Fiqih dalam Peningkatan Pemahaman Ibadah Siswa di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. J Kependidikan. 2018;13–57.

Auliya Hamidah Haris Poernomo, Nan Rahminawati. Studi Deskriptif Model Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan dalam Mewujudkan Visi Misi Sekolah. Jurnal Riset Pendidik Agama Islam. 2022;19–26.

Afandi M. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS; 2013.

Asrori M. Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah. 2016;6(2):26

Festiawan R. Belajar dan pendekatan pembelajaran. J K. 2020;1–17.

Hasyim M. Strategi Mengajar Perspektif K.H. M. Hasyim Asy’Ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’Allim. Tarbiyatuna J Pendidik Islam. 2015;8(2).

Hayani, Aida. Constrcutive Alignment of Islamic Education Curriculum in Doktoral Program at Sunan Kalijaga Yogyakarta, Al-ISLAH: Jurnal Pendidikan.2022, 14 (4).

Hayani, Aida. Indonesia National Qualification Framework & MBKM Curriculum of PAI doctoral in UIN Sunan Kalijaga, Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education. 2022, 7(1).

Hayani, Aida, dkk. The Indonesian National Qualification Framework & MBKM Curriculum of PAI Doctoral in PTKI, SKIJIER. 2022, 1 (1).

Hayani, Aida. Artifical Intelligence Liarian as Promotion of IAIN Lhokseumawe Library in the Revolutionary Era 4.0. 2021, 2 (2).

Irwan M, Nasution P. Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. J Perpust Dan Inf. 2016;10(01):1–14.

Kasmir K. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. J Pendidik dan Pembelajaran Indones. 2021;1(2):340–50.

Mukhammad Bakhruddin P, Shoffa S, Holisin I, Ginting S, Fitri A, Lestari W, et al. Srategi Belajar Mengajar ( Konsep Dasar dan Implementasinya ). Tawakkal I, editor. Bojonegoro: Agrapana Media; 2021.

Masyitoh D. Amin Abdullah danParadigma Integrasi-Interkoneksi. JSSH (Jurnal Sains Sos dan Humaniora). 2020;4(1):81.

Sulastri S, Safahi L, Susilo S. Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident terhadap Keterampilan Analisis Siswa. Assim Indones J Biol Educ. 2018;1(2):77–81.

Royani M, Muslim B. Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat. EDU-MAT J Pendidik Mat. 2014;2(1):22–8.

Rodliyah S. Hakikat Manusia dan Pendidikan. J Edukasi Kaji Ilmu-Ilmu Manaj dan Kependidikan [Internet]. 2013;5(1):74–88. Available from: http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/edukasi/article/view/238.

Tim Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Kegiatan Belajar Mengajar Bagi Pamong Belajar. 1st ed. Tim Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, editor. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai. Depok: Kemendikbud; 2016. 1–63 p.

Rianto M. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Winoto SA, editor. PPPG IPS dan PMP Malang; 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metod Penelit Pendidik (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) [Internet]. 2015;308. Available from: https://drive.google.com/file/d/1BU6wHzKl5i_2en7ggqbQXNU1TsPbNUYm/view

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 203 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003; Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun 2003#:~:text=Dalam UU ini diatur mengenai,bahasa pengantar%3B dan wajib belajar.

Zainiyati HS. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) (z-lib.org).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:


View My Stat