Upaya Guru Dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qira’ati pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah

Eka Riany, Rubini Rubini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Insani yang berada di Jalan Dewi Sartika 5C Kowangan, Desa Ketosari RT 2 RW 1, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

Data diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan subyek penelitian adalah guru yang mengajarkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, setelah data terkumpul, data tersebut direduksi atau dipilih data-data yang penting, kemudian data disajikan dan diambil kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah dengan memberikan contoh cara membaca al-Qur’an dengan jelas dan tartil, menerapkan deres (membaca al-Qur’an) secara individu, menyimak bacaan siswa secara individu, memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan/ rajin membaca al-Qur’an, menggunakan sitem pra kitab, tidak monoton dalam pembelajaran dan melakukan pembinaan untuk para guru. 2) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah guru dekat dengan siswa, mengenal karakter siswa, dekat dengan wali murid, tersedianya sarana dan prasarana qira’ati serta adanya peran dari semua pihak. Sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah siswa tidak mengulang kembali materi yang sudah diajarkan di sekolah dan berkurangnya pertemuan tatap muka.

 

Kata Kunci: Upaya Guru, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiro’ati.

 


Full Text:

PDF

References


Barus. 1988. Motivasi Belajar MahasiswaProgram S1 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIPMedan Tahun Akademi 1987/1988. Medan: FPBS IKIP Medan.

Barus. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Medan:Program Pascasarjana UNIMED.

Joni, T. R. 1985. Strategi Belajar Mengajar:Suatu Tinjauan Pengantar. Jakarta: P2LPTK Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Lexi J. Moleong. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT Remaja Rosdakaya.

--------------------. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja.

Sagala, H. Sy. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sudarwan Donim. 2002. Riset Keperawatan:Sejarah dan Metodelogi. Jakarta: Buku Kedokteran

Sujanto. 1989. Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutikno. 2006. Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. Mataram: NTP Press. berkembang di dalam Keluarga. Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.