Peran Guru Dalam Pembiasaan Sholat Berjamaah

lathifatul izzah, Ratna Purwaningsih

Abstract


Article is the result of field research (field research) using qualitative methods. This article tries to explain about the kind of worship prayer in congregation usually done in public madrasah tsanawiyah (MTs N) Galur Kulon Progo DIY, also will be to explain about the role of teachers in the habit of worship prayer in congregation for students in MTs N Galur Kulon Progo DIY. Thus the conclusion of this article mention that this type of regular daily prayers in congregation is held in the MTs N is Dhuha prayer, prayer Dhuhr, and Friday prayers. The role of teachers in habituation prayer in congregation MTs N is as educators, teachers, tutors, mentors, models and example, transfer camp, as well as generating the view.

Keywords : The role of teacher, habit of worship prayer, the worship congregation


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir dkk, 2012, Dasar-Dasar Pendidikan, Kencana Prenadamedia, Jakarta.

Abuddin Nata, 1998, Metodologi Studi Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ahmad Salim, 2013, Manajemen Pendidikan di Madrasah, Sabda Media, Yogyakarta.

Ahmad Taufiq dan Muhammad Rohmadi, 2010, Pendidikan Agama Islam Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Yuma Pustaka, Surakarta.

Aliy As’ad, 1980, Terjemah Fat-Hul Mu’in, Menara Kudus, Kudus.

Ashadi dan Cahyo Yusuf, 2000, Akhlak Membentuk Pribadi Muslim, Aneka Ilmu, Semarang.

Arikunto Suharsimi, 2008, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V, Rineka Cipta, Jakarta.

Binti Maunah, 2009, Ilmu Pendidikan, Teras, Yogyakarta

D.B.Mirchandani, 2010, Al-Qur’anku (Tata cara Pembacaan Alqur’an dengan kode Warna yang di blok), Lautan Lestari, Jakarta.

Departemen Agama Republik Indonesia, 2007, Undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas serta Undang-undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Depag, Jakarta.

H.A. Djazuli, 2010, Ilmu Fiqih Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam, Kencana, Jakarta.

H.M.Sudiyono, 2009, Ilmu Pendidikan Islam, Rineka Cipta, Jakarta.

Ibnu Rif’ah Ash-Shilawy, 2009, Panduan Lengkap Ibadah Shalat, Citra Risalah, Yogyakarta.

Jalaludin dan Abdullah Idi, 2010, Filsafat Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Jufry al Hazza, 2013, Tuntunan Shalat Sunnah, Uba Press, Jakarta.

M.A. Subandi, 2013, Psikologi Agama dan Kesehatan Mental, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Muchlas Samani dan Drs.Hariyanto,M.S, 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, 2006, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moh. Rifa’I. 1998, Risalah Tuntunan Shalat Lengkap, Toha Putra, Semarang.

Mohammad Daud Ali, 2011, Pendidikan Agama Islam, Rajawali Pers, Jakarta.

Nana Sujana. 2010, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Musnid bin Muhsin Al-Qothoni, 2006, Seindah Sholat Berjamaah, Al-Qowam, Solo.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nasution, 2014, Sosiologi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Nur Kolis, 2003, Management Berbasis Sekolah, Grasindo, Jakarta.

Oemar Hamalik, 2012, Psikologi & Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan, 2011, Fiqih Shalat, Mumtaz, Yogyakarta.

Thomas Lickona, 2013, Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Nusa Media, Bandung.

Uyoh Sadulloh dkk, 2011, Pedagogik (Ilmu Mendidik), Alfabeta, Bandung.

W.J.S. Poerwadarminta, 2007, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Wina Sanjaya, 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Kencana, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats