Komunikasi Pemasaran Syariah Dalam Minat Beli Konsumen

Popon Srisusilawati, M. Andri Ibrahim, Randi Ganjar

Abstract


Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menciptakan kesadaran atau pengetahuan mengenai produk dengan berbagai atributnya, menginformasikan kelebihan produk, menciptakan citra produk, atau menciptakan sikap positif, preferensi, dan minat membeli produk bersangkutan. Elzata salah satu produk fashion dikota Bandung mengalami pengunjung yang berfluktuasi cenderung menurun tingkat pembeliannya. Keputusan pembelian merupakan elemen penting bagi perusahaan agar tetap bisa mempertahankan produknya. Dalam hal ini diharapkan komunikasi pemasaran dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Minat beli konsumen yang tinggi akan mendorong konsumen membeli suatu produk. Rumusan masalah penelitian ini adalah  Bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat beli konsumen retail store elzatta kota bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat beli konsumen retail store elzatta kota bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis data kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer yaitu data yang di peroleh langsung dari karyawan Elzatta melalui quesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa komunikasi yang diterapkan Elzatta menggunakan media Tv, Brosur, Baligo, Kontes, Member card, potongan harga, acara amal, seminar, donasi, website, katalog, sosial media, wom, penjualan personal. Minat beli konsumen berminat terhadap produk Elzatta dengan skor akhir sebesar 1800 atau sebesar 72% yang berada dalam kategori setuju dan berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.


Full Text:

PDF

References


Annisa Wulandari, “The Analysis of Islamic Marketing Strategy on the Implementation of El Zatta Marketing Strategy of PT Zatta Mulya Industry Branch Bandung”, Universitas Islam Bandung, 2016.

Bernard T. Widjaja. “Lifestyle Marketing”, Jakarta: PT Gramedia, 2009.

Bintoro, (dkk.), “Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Merek dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian”, jurnal sains pemasaran Indonesia, Volume XV, No. 1, Mei 2016.

Data pribadi PT. Bersama Zatta Jaya tahun 2017

Departemen Agama Republik Indonesia, “Al-Qur’an Terjemahan”, Jakarta: Pustaka AlMubin,

Djoko santosa dkk, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen”.Universitas Sebelas maret, 2013.

Ferdinand, “Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jilid 1”, Jakarta: Erlangga, 2002.

Https://id.wikipedia.org/wiki/Islam_di_Indonesia/. Diakses tanggal 6 november 2018, pukul 22.05 wib

Https://Kompas.Id, diakses tanggal 28 oktober 2018.

Ilham prisgunanto, “Komunikasi pemasaran”, Bogor: Ghalia Indonesia, 2016.

Philip Kotler dan Keller, ”Marketing Management 12 E ”, New Jersey: Pearson Education, 1997.

Philip kotler dan Kevin keller, “Manajemen Pemasaran”, jakarta : penerbit erlangga, 2008.

Philip Kotler, “Manajemen Pemasaran,Jilid I dan II”, Jakarta: PT.indeks, 2005.

Popon Srisusilawati, “Kajian Komunikasi pemasaran terpadu dalam mendorong keputusan pembelian jasa perbankan” , Universitas Islam Bandung, 2017.

Septiani Maulina, “Strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis kuliner berbasis mix media”, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2019.9(1).65-71

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.